Sukses

Lifestyle

Tips Memilih Cup Menstruasi yang Tepat

Fimela.com, Jakarta Saat sedang menstruasi, pembalut jadi alternatif yang paling banyak dipilih oleh kaum perempuan. Sayangnya, pembalut dianggap sebagai salah satu sampah residu. Pembalut menggunakan bahan yang sulit diuraikan. Pembalut kain sebagai solusi lain pun sepertinya tidak terlalu populer karena dianggap merepotkan.

Nah, salah satu pilihan yang bisa dicoba dan sedang populer beberapa waktu belakangan ini adalah cup menstruasi. Alat ini merupakan penampung darah haid perempuan yang terbuat dari silikon atau lateks dengan bentuk berupa cawan yang lembut dan lentur. Cup menstruasi ini pun hadir dengan berbagai ukuran, menyesuaikan dengan ragam bentuk Miss V.

Tips memilih cup yang tepat.

Nah, bagi yang ingin mencoba menggunakannya berikut ini ada tips yang bisa diikuti untuk memilih cup menstruasi yang tepat untukmu.

  • Yang pertama adalah coba cari pengetahuan sebanyak mungkin soal cup menstruasi ini. Seperti yang sudah disebutkan, cup menstruasi ini hadir dengan berbagai ukuran, menyesuaikan dengan ragam bentuk Miss V. Cobalah cari yang sesuai dengan kebutuhan. Merek berbeda memiliki daya tampung yang berbeda pula. Sangat disarankan untuk benar-benar membaca dengan teliti setiap cup yang dihadirkan oleh produsen.
  • Cup menstruasi biasanya diproduksi dalam ukuran kecil atau besar. Ukuran ini biasanya berhubungan dengan bagaimana cup bisa terpasang pas dalam Miss V dan tidak terlalu berhubungan dengan seberapa banyak cairan yang bisa ditampung.
  • Cup menstruasi ini memang dapat menampung cairan menstruasi lebih banyak daripada tampon atau pembalut biasa. Biasanya waktu penggunaan cup menstruasi ini sebelum dikosongkan berkisar 10 sampai 12 jam. Tapi jika sedang sangat deras, jadwalkan penggunaan cup selama 6 sampai 8 jam untuk mencegah kebocoran.
  • Ada baiknya untuk mencoba dulu apakah dirimu nyaman saat menggunakan cup menstruasi ini. Saat cup tersebut tepat, Sahabat Fimela tidak akan dapat merasakan keberadaannya. Jika cup menimbulkan rasa tidak nyaman, cobalah ukuran berbeda atau merek berbeda.
  • Disarankan untuk memilih cup dengan ukuran lebar pinggiran lebih kecil atau cup dengan bagian penampungan cairan yang lebih lentur.

Cup menstruasi menampung cairan di dalam vagina dan mencegah timbulnya masalah dengan bau. Selain itu juga lebih ramah lingkungan. Semoga tips ini bermanfaat untukmu yang ingin mencoba menggunakannya ya.

 

Simak Video Ini Juga Yuk.

#GrowFearless with FIMELA

;
Loading