Sukses

Lifestyle

4 Kebiasaan yang Bisa Melunturkan Cinta dalam Pernikahan

ringkasan

  • Mendiamkan Pasangan
  • Bertengkar di Muka Umum
  • Overreacting

Fimela.com, Jakarta Setiap pasangan menginginkan pasangan terbaik dan pernikahan yang bahagia selamanya. Hanya saja pada kenyataannya, pernikahan bisa menjadi sebuah perjalanan dan perjuangan panjang. Ada banyak hal dan kebiasaan yang perlu disesuaikan kembali agar keutuhan cinta bisa tetap terjaga.

Kebiasaan yang tak sehat bisa menciptakan drama dalam pernikahan. Bila drama dalam hubungan tak kunjung diselesaikan, bukan hal yang mustahil bila nanti bisa mengakibatkan keretakan dalam hubungan. Setidaknya ada empat kebiasaan yang perlu diwaspadai karena bisa menyebabkan lunturnya cinta dalam pernikahan, seperti kebiasaan-kebiasaan berikut ini.

1. Mendiamkan Pasangan

Karena sebuah pertengkaran, biasaya akan muncul sikap mendiamkan pasangan. Tidak mau diajak bicara oleh pasangan. Tidak mau mengajak bicara pasangan. Bila hal ini terjadi dalam jangka waktu yang lama, hubungan bisa makin renggang. Dilansir dari ravishly.com, situasi ini disebut dengan demand-withdraw. Penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang mengalami demand-withdraw memiliki komunikasi yang buruk dengan pasangannya. Terkadang bisa mengakibatkan masalah dalam keintiman dan ketidakpuasan dalam hubungan.

2. Bertengkar di Muka Umum

Pasangan suami istri bisa bertengkar karena satu dan lain hal. Tapi bila pertengkaran tidak terkontrol dan malah bertengkar di muka umum, hubungan bisa mengalami keretakan. Pertengkaran di muka umum tak hanya memalukan tapi juga menghilangkan respek satu sama lain terhadap pasangan.

 

 

3. Memberi Reaksi Berlebihan (Overreacting) di Segala Situasi

Masalah kecil dibesar-besarkan. Hal yang sebenarnya sepele dan bisa langsung diselesaikan malah diperpanjang tanpa alasan. Memberikan reaksi berlebihan (overreacting) di segala situasi bisa mengganggu komunikasi antar pasangan. Cinta yang sudah dibangun bisa luntur karena hal ini.

4. Perilaku Impulsif

Kesal dengan pasangan, kita langsung merusak barang-barangnya. Pasangan membuat kita marah, kita langsung melukai diri kita sendiri. Atau sebaliknya, pasangan selalu berperilaku impulsif bila ada sesuatu yang membuatnya tak nyaman atau kesal. Perilaku impulsif dan tidak menentu ini bisa menyebabkan lunturnya cinta dalam pernikahan.

Bila ingin hubungan cinta dalam pernikahan terus bertahan dan langgeng selamanya, mulailah dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan di atas, ya. Semoga info ini bermanfaat untuk membangun hubungan yang harmonis dengan pasangan tercinta.

 

Simak Video di Bawah Ini

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Cara Agar Pernikahan Langgeng dan Bahagia Selalu
Artikel Selanjutnya
Penelitian Membuktikan, Kebahagiaan Istri Tentukan Keutuhan Pernikahan