Sukses

Lifestyle

7 Makanan yang Tidak Perlu Disimpan di Dalam Kulkas

Fimela.com, Jakarta Biasanya kulkas dimanfaat untuk menyimpan makan agar tidak mudah basi atau busuk. Apalagi untuk menyimpan buah dan sayuran.

Padahal, ada beberapa sayuran dan buah yang bisa tahan lama tanpa harus di masukan ke dalam kulkas. Justru, sayur dan buah yang terlalu lama ditaruh di ruang pendingin bisa mengalami perubahan warna, bentuk, dan rasa. Alhasil makanan tersebut tidak baik untuk kesehat manusia.

Menurut Departemen Pertanian AS, ini terjadi karena dua tipe bakteri. Pertama, bakteri patogen. Bakteri ini tidak mengubah tampilan sayur dan buah namun berbahaya untuk dimakan. Kedua, bakteri spoilage. Ini bisa menyebabkan makanan berubah rasa tapi biasanya tidak membahayakan. Dan berikut beberapa makanan yang tidak dianjurkan disimpan di kulkas.

1. Kentang

Kandungan pati di dalam kentang bisa berubah menjadi gula jika terpapar udara kelewat dingin. Lebih baik simpan kentang di dalam kantong kertas dan tempatkan di dalam laci gelap bersuhu dingin.

2. Madu

Madu bisa mengkristal jika disimpan di kulkas. Simpan saja madu pada suhu ruangan dan hindari dari paparan sinar matahari langsung.

3. Tomat

Tomat yang disimpan di lemari es bisa kehilangan rasa aslinya dan menjadi benyek.

4. Apel

Apel mirip dengan tomat yang akan kehilangan rasa dan teksturnya ketika disimpan terlalu lama di kulkas. Lebih baik simpan di atas meja dan baru tempatkan mereka sekitar 30 menit di kulkas sebelum mulai dimakan.

5. Bawang

Tempat terbaik untuk penyimpanan bawang adalah di dalam kantung kertas di dalam laci dingin dan gelap. Sebab, bawang yang disimpan di dalam kulkas rentan melunak dan aromanya menyebar ke makanan lain.

6. Roti

Roti yang disimpan di kulkas akan cepat kering. Panganan macam ini akan lebih terasa nikmat jika ditempatkan di lemari atau kotak penyimpanan khusus roti.

7. Pisang

Biarkan saja pisang disimpan di atas meja makan. Jika pisang-pisang tersebut mulai berubah warna menjadi coklat, barulah masukan ke dalam kulkas untuk digunakan menjadi panganan turunan lain dari pisang semacam roti.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading