Sukses

Lifestyle

Mencegah Alergi Udara Dingin, Coba 3 Tips Ini

ringkasan

  • Menghindari Pemicunya
  • Mengonsumsi Obat
  • Hindari Makanan dan Minuman Dingin

Fimela.com, Jakarta Alergi udara dingin umumnya ditandai dengan kulit yang kemerahan, terasa hangat, serta gatal. Area tubuh yang mengalami kontak langsung dengan udara dingin atau benda dingin juga umumnya akan langsung bereaksi menjdi bengkak. Gejala alergi udara dingin pada setiap orang juga bisa berbeda, pada tingkat yang lebih ekstrem gejalanya bisa sampai membuat jantung berdebar, kesulitan bernapas, dan pingsan.

Mengobati alergi udara dingin secara mutlak mungkin sulit dilakukan. Tapi ada beberapa tips yang bisa dicoba untuk mencegah alergi udara dingin. Selengkapnya, langsung saja kita simak infonya di sini.

1. Menghindari Pemicunya

Cara terbaik terhindar dari alergi udara dingin adalah dengan menghindarinya. Pahami betul pemicu alergi kita dan usahakan untuk selalu menghindarinya. Bila terpaksa beraktivitas di tengah udara dingin, lindungi diri dengan baju tebal dan hangat. Kenakan jaket, syal, kaos kaki, dan sarung tangan bila perlu.

2. Mengonsumsi Obat

Seperti yang dikutip dari alodokter.com, obat yang dapat digunakan untuk meredakan gejala alergi dingin adalah obat antihistamin. Obat yang biasanya diberikan untuk meredakan gejala alergi dingin adalah cetirizine, loratadine, atau desloratadine. Pastikan konsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat-obatan untuk meredakan gejala udara dingin ini, ya.

3. Hindari Makanan dan Minuman Dingin

Makanan dan minuman yang terlalu dingin juga perlu dihindari. Untuk mencegah terjadinya pembengkakan pada tenggorokan yang dikhawatirkan akan menyebabkan gangguan pernapasan.

Alergi udara dingin masing-masing bisa berbeda reaksinya. Bila kondisinya parah dan mengkhawatirkan, segera berkonsultasi ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading