Sukses

Lifestyle

Bertengkar dengan Pasangan, Redam Emosi dengan Cara Ini

ringkasan

  • Mencoba mengambil nafas panjang
  • Mengungkapkan apa yang sebenarnya diinginkan
  • menyibukkan diri dengan aktivitas yang bermanfaat

Fimela.com, Jakarta Adanya pertengkaran dalam hubungan merupakan hal yang wajar. Pada dasarnya, hubungan asmara tidak hanya diwarnai dengan hal-hal yang menyenangkan dan membahagiakan. Sesekali, hubungan asmara juga diwarnai dengan kekecewaan dan rasa sakit hati.

Meski bertengkar adalah suatu hal yang wajar terjadi dalam hubungan, jangan sampai pertengkaran ini menyebabkan retak bahkan hancurnya hubungan ya. Dirimu dan pasangan harus tetap sama-sama tenang, sabar dan berpikir positif. Jangan sampai saat bertengkar dirimu dan pasangan mengedepankan emosi masing-masing.

Melansir dari laman yourtango.com, saat bertengkar dengan pasangan usahakan untuk meredam emosi yang ada. Bagaimana caranya?

Cara Meredam Emosi Saat Bertengkar dengan Pasangan

Ambil Nafas Panjang, Keluarkan Perlahan

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk meredam emosi adalah ambil nafas panjang kemudian keluarkan perlahan. Cara ini akan membuatmu lebih tenang, sabar dan berpikir positif. Semarah apapun dengan pasangan, kendalikan emosimu dan marahlah dengan cara yang lebih elegan agar pasangan semakin menyadari kesalahannya.

Ungkapkan Apa yang Dirimu Rasakan

Saat dirimu kecewa dan sakit hati ke pasangan, katakan hal ini padanya. Utarakan apa yang membuatmu marah padanya. Ketika dirimu mengatakan kekesalan ini pada pasangan, setidaknya hal ini akan mengurangi beban pikiran akibat kesal dan marah pada pasangan.

Atur Nada Suara

Selain mengatur pernafasan, atur juga nada suaramu. Hindari meninggikan nada suara saat marah karena ini bisa memicu amarah yang lebih parah. Tetap tenang dan ungkapkan kekesalanmu dengan nada rendah. Bila perlu bicaralah dengan nada serendah mungkin. Hal ini dipercaya bisa mencegah amarah dan emosi yang lebih parah.

Sibukkan Diri dengan Aktivitas Bermanfaat

Usahakan untuk menghibur diri dengan menyibukkan diri melakukan aktivitas yang bermanfaat. Saat emosi ke pasangan, dirimu bisa menjauh darinya untuk sementara waktu. Miliki waktu me time baik untuk bertanam, jalan-jalan di tempat wisata kesukaan, bermain dengan anak atau keponakan, jalan bareng teman atau sekedar makan di restoran favorit.

Saat bertengkar dengan pasangan, mungkin dirimu membutuhkan waktu untuk sendiri dulu. Ini memang baik, tapi ingat agar jangan terlalu lama asik dengan dirimu sendiri. Adanya masalah dengan pasangan harus dibicarakan baik-baik. Cari solusi terbaik dari masalah yang ada dan miliki hubungan yang selalu langgeng selamanya.

#GrowFearless with FIMELA

;
Loading