Sukses

Lifestyle

Hubungan yang Berujung Perpisahan Tak Melulu Sebuah Kegagalan

Fimela.com, Jakarta Sebuah hubungan ada yang harus berakhir dengan perpisahan. Memang berat dan pedih hati ini rasanya bila hubungan yang tadinya kita harapkan akan berakhir indah, malah harus ditutup dengan berpisah. Saat hal ini terjadi, kerap kita merasa telah menjadi orang yang gagal.

Tak perlu terlalu keras menyalahkan diri sendiri saat harus menghadapi perpisahan. Kita tetap perlu melanjutkan hidup kita dengan sebaik-baiknya. Bukan berarti karena sebuah perpisahan, seluruh hidup kita hanya akan dipenuhi dengan banyak kegagalan.

Pahitnya Perpisahan Bisa Dinetralkan

Hubunganmu mungkin tak bisa dipertahankan tapi kehidupanmu masih harus dilanjutkan. Pahit dan sedihnya perpisahan yang ada kita terima saja dengan hati terbuka. Setelah itu, kita bisa lebih fokus untuk melakukan hal-hal yang lebih positif ke depannya. Hati yang terluka bisa disembuhkan walau mungkin butuh waktu yang lebih lama.

The saddest thing about love is that not only that it cannot last forever, but that heartbreak is soon forgotten. – William Faulkner

Harapan dan Kesempatan Masih Bisa Kita Ciptakan

Ambil saja pelajaran dari perpisahan yang ada. Walau tak semua pengalamannya memberi kenangan indah tapi setidaknya kita bisa belajar untuk bangkit lagi dengan tidak mengulangi kesalahan yang sama. Jangan buru-buru menghakimi keadaan dan kondisimu saat ini. Walau harus menghadapi perpisahan, harapan dan kesempatan untuk mendapatkan hal-hal yang lebih baik ke depannya masih terbuka lebar.

Let go. Why do you cling to pain? There is nothing you can do about the wrongs of yesterday. It is not yours to judge. Why hold on to the very thing which keeps you from hope and love? – Leo Buscaglia

Tak Perlu Berlebihan dalam Membenci dan Menyalahkan Keadaan

Kadang yang membuatmu sulit untuk move on adalah karena masih memendam benci di dalam dirimu. Cobalah untuk menerima realita yang ada. Sebuah perpisahan tak melulu akan membuat segala aspek dalam hidupmu menjadi gagal.

If you want to forget something or someone, never hate it, or never hate him/her. Everything and everyone that you hate is engraved upon your heart; if you want to let go of something, if you want to forget, you cannot hate.

Maafkan dirimu dan kesalahan yang ada dari berakhirnya sebuah perpisahan. Bisa jadi perpisahan tersebut akan jadi jalan untuk permulaan baru yang lebih baik lagi. Hidupmu masih berharga dan layak untuk diperjuangkan sebaik-baiknya.

Semoga ke depannya ada kebahagiaan-kebahagiaan baru yang bisa kamu dapatkan. Semoga ada hubungan yang lebih baik untuk kamu miliki dalam hidupmu.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Cara Mengakhiri Hubungan dengan Damai agar Tidak Terlalu Menyakitkan
Artikel Selanjutnya
Pertanyaan Kapan Nikah Terus-Menerus Bisa Meningkatkan Depresi