Sukses

Lifestyle

Makin Tak Bahagia di Tempat Kerja? Bisa Jadi Ini Penyebab Utamanya

Fimela.com, Jakarta Pekerjaan yang kita lakukan akan menghabiskan sebagian besar waktu kita dalam hidup. Kita bekerja karena kebutuhan. Kebutuhan untuk bisa menghidup diri sendiri, meringankan beban orang lain, dan kebutuhan untuk eksistensi diri. Hanya saja pada titik tertentu, kadang kita merasa sudah tak lagi bahagia dalam bekerja.

Orang bilang kita perlu memilih pekerjaan yang sesuai dengan passion kita. Passion merupakan satu faktor penting yang perlu kita punya untuk bisa menikmati pekerjaan. Namun, kita juga perlu menjaga motivasi dan komitmen untuk menghadirkan kebahagiaan dalam pekerjaan. Walau pada kenyataannya perasaan tak bahagia bisa muncul di tengah rutinitas kita bekerja.

 

 

 

Terlalu Sering Berpikir Negatif

Kenapa makin tak bahagia di tempat kerja? Alasan dan penyebabnya bisa sangat beragam. Salah satu penyebab yang paling umum adalah karena kita makin sering berpikir negatif. Melihat orang lain yang tampak lebih sukses dan berhasil dalam kariernya, kita merasa rendah diri dan kecil hati. Mendapati pimpian dan rekan kerja yang tak mengapresiasi pekerjaan kita, kita langsung kesal dan mulai mencari-cari kekurangan mereka.

Dikutip dari The Real Reason Why You Hate Working (And How to Turn It Around) via lifehack.org, untuk bisa kembali mencintai pekerjaan, kita perlu fokus pada hal-hal yang kita sukai. Fokus pada hal-hal positif bisa kembali mengingatkan kita soal alasan awal kita memilih pekerjaan ini. Misal, jika pada pekerjaan kali ini kita bisa mendapat kemudahan untuk ambil cuti, maka anggap itu sebagai berkah tersendiri. Bila kita hanya fokus pada hal-hal negatif dan tak kita sukai pada pekerjaan kita ini, ke depannya kita malah akan semakin membenci pekerjaan kita.

Semuanya memang butuh proses. Ketika pikiran negatif menguasai diri kita, sulit rasanya untuk langsung memaksa diri kita melihat sisi positifnya. Tapi kita bisa mencoba untuk berproses setahap demi setahap. Bisa coba kembali tanyakan hal-hal ini pada dirimu:

1. Kenapa masih bertahan pada pekerjaan ini?

2. Kenapa kariermu stagnan?

3. Apa ada yang masih bisa diperbaiki dari karier saat ini?

4. Apakah kita bisa mendapat hasil yang sepadan dari semua usaha dan kerja keras kita?

Kita bisa membuat keputusan dan pilihan-pilihan sendiri dalam hidup, termasuk yang berkaitan dengan karier dan pekerjaan. Semoga apa pun pilihan yang kamu ambil terkait upaya untuk memiliki karier yang lebih baik bisa membuat hidupmu juga lebih baik ke depannya.

 

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Tak Diapresiasi di Tempat Kerja, Jangan Keburu Mengutuk Keadaan
Artikel Selanjutnya
4 Tips Menjaga Kestabilan Mood Kerja saat Atasan Uring-uringan