Sukses

Lifestyle

FIMELA FEST 2019: 5 Alasan Setiap Perempuan Harus Mandiri dalam Mengatur Keuangan

Fimela.com, Jakarta Mengatur dan mengelola keuangan bagi perempuan adalah sebuah kemampuan yang menjadi awal kesuksesan. Perempuan identik dengan kegiatan yang konsumtif. Mereka memiliki banyak keinginan, terlebih dalam hal penunjang penampilan. Sehingga kemampuan untuk mengontrol pengeluaran dengan cerdas, dapat menyelamatkanmu dalam kemelaratan.

Faktanya perempuan bisa tepat tampil gaya tanpa harus melakukan banyak pinjaman atau menghabiskan semua tabungan. Ada banyak hal yang bisa dipertimbangkan sebelum berbelanja dan mengeluarkan uang. Pemikiran yang matang dan membeli hal-hal saat diperlukan adalah kunci utamanya.

Seperti dilansir dari situs Swaay.com, Rabu 30/10/2019), ada beberapa hal yang harus kamu lakukan hari ini agar sukses, merdeka secara finansial, dan jauh dari kemelaratan di masa depan. Hal tersebut di antararanya mendapatkan polis asuransi jiwa, merencanakan masa pensiun, hingga mengumpulkan dana darurat.

Masa depan yang terencana dengan baik juga tergantung pada pengembangan pada pengelolaan keuangan itu sendiri. Berikut adalah lima alasan mengapa semua perempuan harus piawai mengembangkan keuangan mereka sendiri.

1. Meredakan kekhawatiran dan stres

Ketika memiliki pengelolaan keuangan sendiri, kamu tidak perlu menebak setiap pergerakan uang yang dikeluarkan karena yakin bahwa akan berada di jalur yang benar. Filosofi tabungan dan filosofi investasi yang terkait dengan nilai-nilai dan misi pribadi adalah kunci untuk menjadi mandiri secara finansial. Ini memungkinkan kamu untuk menilai tujuan dan pergerakan keuangan kamu untuk memastikan kesuksesan di masa depan.

2. Mengarah ke kehidupan yang lebih baik

Ini adalah judul bab pembuka buku masa depan. Bab pertama ini penting karena menjadi penentu kehidupan yang dijalani dengan baik dengan memiliki pengelola keuangan sendiri. Ketika uang dan keputusan pengeluaran terus-menerus dipengaruhi oleh orang lain, keluarga dan teman, ini akan membuat masa depan kamu dalam posisi yang berbahaya.

3. Memupuk untuk belajar mengambil risiko yang terukur

Mengambil risiko yang terukur adalah kunci untuk mencapai kehidupan lebih baik. Penting untuk mengambil risiko yang terukur untuk mencapai tujuan tertentu. Misalnya, keputusan untuk membeli rumah, properti untuk investasi pertama itu, atau bahkan memulai bisnis yang selalu diimpikan, mengharuskan mengambil risiko yang terukur

Tidak mengambil risiko yang terukur, atau tidak mengambil tindakan sama sekali, merugikan pencapaian kesuksesan keuangan di masa depan. Namun dalam mengambil risiko yang terukur, cari validasi dari orang lain untuk melakukannya. Sehingga, kamu dapat mengelola keuangan dengan baik tanpa terpengaruh sekitar.

 

4. Membangun masa depan yang terencana

Merencanakan dengan baik berarti memastikan kamu memiliki asuransi jiwa, tabungan darurat yang memadai untuk bertahan setidaknya selama enam bulan. Selain itu juga memiliki investasi yang dapat menghasilkan cukup untuk ketahanan finansial.

Setiap orang harus memiliki pegangan yang baik pada pengeluaran mereka. Mengembangkan anggaran dan membangun dana darurat sangat penting. Pastikan kamu memiliki asuransi jiwa. Fokus pada mengatasi hutang. Setelah itu, kembangkan rencana tabungan baik jangka pendek maupun panjang untuk masa depan yang terencana.

 

5. Mencegah siklus kesalahan keuangan yang tidak pernah berakhir

Ketika tidak memiliki keahlian dalam mengelola keuangan secara mandiri, berisiko membuat kesalahan keuangan yang sama berulang-ulang. Kamu terjebak dalam siklus yang salah dan menghabiskan terlalu banyak uang untuk hiburan dengan teman.

Memiliki pengelolaan keuangan yang mandiri dapat menyelamatkanmu dari kekecewaan dan frustrasi seumur hidup. Ini dapat membuat perbedaan antara memiliki kehidupan yang bahagia dan hidup dalam ketakutan dan kecemasan tentang masalah uang dan hutang. Ini akan membuatmu menjadi tangguh secara finansial, dan lebih mampu menghadapi badai dan tantangan keuangan yang tak terhindarkan di masa depan.

#GrowFearless with Fimela

 

Daftarkan dirimu di sini untuk mengikuti berbagai kelas inspiratif di FIMELA FEST 2019! 

Loading
Artikel Selanjutnya
4 Langkah Mudah Mengatur Keuangan untuk Anak Kos
Artikel Selanjutnya
Selain Atur Budget, Ini 3 Cara Mengatur Keuangan di Akhir Bulan