Sukses

Lifestyle

Cara Sehat Mengonsumsi Buah pada Malam Hari, Simak 3 Tipsnya

Fimela.com, Jakarta Sebagian besar dari kita memiliki kebiasaan atau suka dengan camilan manis. Menikmati camilan atau kudapan manis bisa memberi energi dan kenyamanan tersendiri. Namun, bila kita sedang dalam program menurunkan berat badan, ada baiknya untuk lebih cermat dalam memilih camilan yang kita makan.

Salah satu saran yang paling sering kita dengar dalam memilih camilan yang lebih sehat adalah mengganti camilan berpemanis dengan buah-buahan. Buah-buahan bisa jadi alternatif camilan yang lebih sehat. Hanya saja bila mengonsumsinya pada malam hari, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan agar bisa memberi dampak yang lebih positif pada kesehatan tubuh kita.

1. Beri Jeda dengan Waktu Makan Malam

Dilansir dari timesofindia.indiatimes.com, sebaiknya buah dan makan malam tak dikonsumsi bersamaan. Beri jeda antara keduanya. Bila dikonsumsi bersamaan, nantinya bisa mengganggu sistem pencernaan dan mengganggu proses penyerapan nutrisinya pada tubuh. Buah bisa dikonsumsi 30 menit sebelum makan malam. Namun, bila tak berencana makan malam, buah bisa dikonsumsi 3-4 jam sebelum jadwal tidur.

2. Pilih Buah yang Rendah Gula

Pilihan buah juga perlu diperhatikan. Sebaiknya pilih buah yang kandungan gulanya rendah dan seratnya tinggi. Buah seperti melon, pir, dan kiwi bisa jadi pilihan yang tepat.

3. Jangan Langsung Tidur setelah Makan Buah

Beri waktu pada sistem pencernaan untuk mencerna buah-buahan yang dikonsumsi. Sebaiknya tidak langsung tidur setelah makan buah. Dengan memberi waktu jeda, maka tubuh bisa lebih optimal dalam mencerna buah yang kita konsumsi.

Yang tak kalah penting lagi adalah perhatikan porsinya. Konsumsi secukupnya saja. Tak perlu sampai berlebihan atau kekenyangan, ya.

***

Sudah siap untuk hadir di acara FIMELA FEST 2019? Pilih kelas inspiratifnya di sini.

#GrowFearless with FIMELA

;
Loading