Sukses

Lifestyle

Tips Menghilangkan Bau Petai Saat Diolah dan Dimakan

Fimela.com, Jakarta Banyak orang menghindari makan petai karena baunya, meski tentu saja ada orang-orang tertentu yang juga sangat menyukjai petai karena rasa dan bau khasnya. Sebagai makanan yang sering ditemui di Indonesia, petai memang mudah diolah dalam berbagai masakan.

Meski banyak yang menerima bau petai secara apa adanya, namun banyak orang lebih memilih petai yang baunya tidak menyengat, dan jika ingin mengurangi atau menghilangkan bau petai, ini dia caranya.

1. Jangan kupas kulit arinya

Kulit ari petai adalah yang berwarna putih. Jika kulit ini dikupas, bau petai akan sangat menyengat baik dalam masakan maupun di mulut setelah dimakan. Jika memakan petai dalam keadaan mentah maupun matang bersama kuluit arinya, bau petai bisa berkurang.

2. Dibakar dengan kulitnya

Jika repot mengupasnya, membakar petai bersama dengan kulitnya secara utuh juga bisa mengurangi baunya. Cukup bakar atau panggang hingga kulitnya hitam atau kecokelatan, lalu kupas dan petai siap makan.

3. Merebus dalam keadaan utuh

Merebus petai juga bisa mengurangi baunya, buang air rebusannya dan bisa langusng dimakan atau diolah dengan masakan lain. Sayangnya jika direbus, warna petai sering berubah tidak lagi kehijauan segar.

4. Menggoreng dengan kulit arinya

Setelah digoreng bisa langsung dimakan beserta kulitnya atau jika ingin diolah lebih lanjut tanpa kulit arinya juga bisa, cukup kupas kulit ari petai yang digoreng dan campurkan ke dalam masakan.

Itu dia sekian cara menghilangkan bau petai sebelum dimakan ataupun diolah jari berbagai makanan. Semoga bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Loading