Sukses

Lifestyle

Mengenal Arti dan Sejarah Hari Disabilitas Internasional

Fimela.com, Jakarta Hari Disabilitas Internasional diperingati pada tanggal 3 Desember setiap tahunnya. Namun masih banyak yang belum mengetahui momen perayaan bagi teman-teman berkebutuhan khusus ini. Selain itu tema, air, dan sejarah dari Hari Disabilitas Internasional ini masih perlu disosialisasikan agar semua lapisan masyarakat ikut langsung dalam mengapresiasi para penyandangnya.

World Disability Day atau Hari Disabilitas Internasional bertujuan untuk meningkatkan kesadaran publik, memahami, dan menerima penyandang disabilitas. Momen ini juga dijadikan ajang apresiasi untuk merayakan pencapaian dan kontribusi mereka.

Seperti dilansir dari situs News18, Selasa (3/12/2019), peringatan ini telah dirayakan sejak 1992. Ketika Hari Disabilitas Internasional diakui secara resmi, perayaan ini menjadi momen untuk mempromosikan belas kasih dan penerimaan pada masalah-masalah kecacatan dan memberikan dukungan untuk mereka,

Para penyandang disabilitas juga harus memiliki hak-hak dan kehidupan yang lebih baik dan mendapatkan tempat di tengah-tengah masyarakat. Meski memiliki kekurangan namun tidak membuat penyandang disabilitas kehilangan kesempatan untuk berkarya.

Perayaan ini juga diisi dengan melihat sejauh mana pemerintah telah memberikan fasilitas publik yang mumpuni untuk mendorong dan memenuhi kebutuhan para penyandang disabilitas agar bisa menjalani aktivitas tanpa merasakan perbedaan yang berarti.

 

Tema Hari Disabilitas Internasional 2019

Untuk tahun 2019, tema yang diangkat pada perayaan Hari Disabilitas adalah mempromosikan partisipasi penyandang cacat dan kepemimpinan mereka dalam mengambil tindakan pada agenda pembangunan 2030.

Tema tahun ini berfokus pada pemberdayaan penyandang disabilitas untuk pembangunan yang inklusif, adil, dan berkelanjutan sebagaimana disebutkan dalam agenda 2030 untuk pembangunan berkelanjutan. Dengan begitu para penyandang disabilitas bisa ikut andil dan berkontribusi dalam pembangunan.

 

Sejarah dan signifikansi Hari Disabilitas Internasional

Hari Disabilitas Internasional diproklamirkan oleh Majelis Umum PBB pada tahun 1992. Hari ini bertujuan untuk mempromosikan hak dan kesejahteraan penyandang disabilitas disemua bidang masyarakat dan pembangunan. Ini bertujuan untuk membuat masyarakat lebih sadar tentang kehidupan politik, sosial, ekonomi dan budaya para penyandang disabilitas.

#GrowFearless with Fimela

Loading
Artikel Selanjutnya
Mendobrak Sunyi, Grab Layani Lebih Banyak Komunitas Penyandang Disabilitas
Artikel Selanjutnya
Apa Saja Akses dan Fasilitas Umum yang Tersedia Buat Penyandang Disabilitas di Indonesia?