Sukses

Lifestyle

Tips agar Tumis Kangkung Tidak Berwarna Hitam saat Matang

Fimela.com, Jakarta Tumis kangkung adalah menu masakan paling mudah jika ingin mengolah kangkung. Namun ketika membuat tumis kangkung, ada kalanya kangkung berubah warna menjadi hitam. Meski memang tidak mengubah rasanya, ada kalanya orang tak suka melihat tumis kangkung berwarna gelap karena tidak menggugah selera.

Padahal jika bisa mengolahnya dengan benar, warna kangkung bisa tetap hijau segar dan enak dimakan. Meski tampak sederhana dan sepele, ternyata menumis kangkung juga ada triknya. Ini caranya agar tumis kangkung tidak berwarna hitam setelah matang.

1. Rebus sebentar

Jangan langsung memasukkan kangkung ke dalam wajan jika ingin menumisnya. Sebelum ditumis, lebih baik di-blanching dulu, yaitu direbus sebentar atau setengah matang. Karena ketika daun kangkung langsung menyentuh wajan panas, daunnya akan berubah hitam.

Caranya sederhana, setelah disiangi dan dicuci bersih, rebus air, masukkan kangkung hingga tercelup merata, masak selama satu menit dan langsung angkat, tiriskan. Tumis bumbu tumis, masukkan kangkung yang sudah setengah matang. Cara ini sangat cocok untuk yang tidak suka tumis kangkung yang basah atau berkuah.

2. Tambahkan air

Jika tetap ingin langsung memasukkan kangkung ke dalam wajan saat menumis, langsung tuang air agar daunnya tidak menghitam. Penyebab kangkung hitam saat ditumis adalah kontak langsung dengan panas.

Menambahkan air akan membantu kangkung dimasak lebih dulu sehingga tidak menempel di wajan. Dengan cara ini, tumis kangkung akan berkuah, namun jika suka tumis kangkung berkuah, silahkan mencoba cara ini.

Itu dia cara tumis kangkung tidak berwarna hitam setelah matang. Semoga bermanfaat dan bisa dicoba di rumah.

#GrowFearless with FIMELA

;
Loading