Sukses

Lifestyle

Mengizinkan Diri Sendiri untuk Bahagia adalah Kado Terindah yang Kita Punya

Fimela.com, Jakarta Apakah selama ini kita merasa kurang bahagia? Sulit untuk merasa puas terhadap banyak hal hingga terlalu keras pada diri sendiri? Menuntut diri sendiri menjadi orang yang selalu baik pada orang lain. Memaksa diri untuk melakukan berbagai hal di luar kemampuan kita demi karier yang lebih baik. Mengurangi kebahagiaan demi menambah takaran bahagia orang lain.

Terkadang kita tak sadar sudah terlalu keras pada diri sendiri. Kita memvorsir semua energi dan pikiran kita untuk hal-hal yang sebenarnya belum kita butuhkan. Kita terlalu sering menyalahkan diri sendiri atas sebuah kesalahan yang sebenarnya masih bisa diperbaiki. Saking kerasnya pada diri sendiri, kita sampai lupa untuk mengizinkan hati kita untuk bahagia.

Setiap orang pernah salah. Masing-masing dari kita akan selalu berproses dan belajar hal-hal baru dalam perjalanan hidup. Kadang kita memaksakan diri untuk selalu sempurna hingga tak menolerir kesalahan sendiri. Padahal ada kalanya kita perlu mengistirahatkan tubuh dan pikiran kita demi kebaikan kita sendiri.

 

You must be very polite with yourself when you are learning something new. — Elizabeth Gilbert, Eat, Pray, Love

Setelah mengalami hari yang berat dan melelahkan, izinkan dirimu untuk beristirahat. Setelah berhasil menyelesaikan sebuah masalah, ucapkan terima kasih pada dirimu. Ketika berhasil membuat sebuah pencapaian baru, tepuk bahumu dan katakan, "Terima kasih sudah bekerja keras."

Be kind to yourself. Above all else, remember that it’s OK to make mistakes along the way. Be kind to yourself – the process of making improvements to our daily routines is a marathon, not a sprint. Self-love can go a long way toward a healthier lifestyle. — Philip Ross, New Year’s Resolutions 2015: 15 Ideas For Setting Goals In The New Year

Ya, hidup yang kita jalani memang berat. Banyak sekali masalah baru yang muncul setiap waktunya. Bahkan saat sebuah masalah baru saja berhasil diselesaikan, muncul lagi masalah yang baru. Begitu terus siklus hidup kita. Namun, kita juga jangan lupa untuk mengingatkan diri sendiri bahwa kita juga perlu menikmati hidup yang hanya sekali ini.

Ke depannya, kita masih akan terus berupaya untuk menjadi seseorang yang lebih baik lagi. Untuk itu kita perlu mengizinkan diri kita bahagia terlebih dahulu supaya ke depannya bisa mengambil langkah-langkah yang lebih baik untuk hidup yang kita jalani ini.

Cobalah untuk tersenyum sebentar. Kali ini bukan untuk orang lain, melainkan untuk dirimu sendiri.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Sebelum Usia 30an, Ada Masa-Masa Berat yang Harus Dilalui Perempuan
Artikel Selanjutnya
Maaf, Perempuan yang Tak Mau Diajak Hidup Susah Bukan Berarti Egois