Sukses

Lifestyle

4 Langkah Membuat Nugget Tempe yang Padat dan Empuk

Fimela.com, Jakarta Tempe bisa diolah jadi aneka kudapan dan hidangan yang enak. Salah satunya adalah diolah jadi nugget tempe. Bila selama ini sudah bosan dengan tempe goreng yang itu-itu saja, coba bikin nugget tempe yang padat dan empuk. Cara membuatnya pun tak terlalu sulit.

Ada empat langkah utama yang perlu kita ikuti. Mulai dari menyiapkan bahan hingga proses menggorengnya. Selengkapnya, langsung saja simak di sini, ya.

1. Tempe Dikukus Terlebih Dahulu

Untuk membuat nugget tempe dari dua papan tempe, bahan-bahan lain yang perlu disiapkan antara lain:

  • 100 gram tepung terigu
  • 500 gram tepung panir
  • 50 gram tepung terigu untuk celupan

Untuk bumbu halusnya, kita bisa menyiapkan:

  • 5 siung bawang putih
  • 1/2 sdm lada bubuk
  • 1 sdm gara
  • 1 sdm gula
  • kaldu bubuk secukupnya

Tempe yang akan kita jadikan nugget perlu dikukus terlebih dahulu. Kukus selama sekitar 20 menit. Setelah itu, haluskan selagi panas dengan menambahkan 100 gram tepung terigu yang dimasukkan sedikit demi sedikit. Lumatkan sampai benar-benar lembut dan padat.

2. Dikukus Lagi selama 20 Menit

Bumbu yang sudah kita haluskan dicampurkan ke tempe. Aduk sampai semua bahan tercampur rata. Masukkan ke dalam loyang dan padatkan. Kemudian kukus kembali selama 20 menit. Setelah matang, biarkan dingin terlebih dahulu lalu potong-potong sesuai selera.

 

3. Balut dengan Adonan Pencelup

Siapkan dua adonan pencelup: basah dan kering. Adonan basah terdiri dari tepung terigu yang dilarutkan dengan air. Adonan keringnya adalah tepung panir. Celupkan potongan nugget ke adonan basah, setelah itu gulingkan ke tepung panir. Lakukan sampai habis.

4. Tepuk-tepukkan Nugget sebelum Digoreng

Panaskan minyak. Nugget yang akan digoreng ditepuk-tepukkan terlebih dahulu, lalu masukkan ke dalam minyak panas. Goreng sampai matang dan agak kecokelatan. Angkat dan tiriskan.

Nugget tempe ini bisa dijadikan lauk dan dinikmati dengan nasi. Dicocol dengan saus pun enak. Dari anak-anak hingga orang dewasa, semua pasti suka.

Cukup mudah bukan membuatnya? Selamat mencoba dan semoga berhasil membuat nugget tempe yang padat dan empuk.

#GrowFearless with FIMELA

;
Loading