Sukses

Lifestyle

Penasihat Keuangan Mahal? Ini 3 Buku untuk Membantu Pengelolaan Tabungan

Fimela.com, Jakarta Hidup di era digital membuatmu lebih mudah untuk mengatur keuangan. Ada berbagai aplikasi untuk mengatur keuangan, sekaligus tracking pengeluaran dan pemasukan. Aplikasi-aplikasi ini bisa membantumu menabung. 

Sayangnya, menabung tidak cukup untuk jangka waktu yang panjang. Pasalnya, inflasi akan menggerus nilai mata uang. Uang yang kamu miliki 10-15 tahun kemudian nilainya akan turun. Karena itu, aplikasi pengaturan keuangan ini sepertinya belum cukup untuk memberikan kemudahan untuk berinvestasi. 

Investasi bukan cuma sekadar menanam modal, lantas kamu bisa kaya. The Every Girl menulis, penting sekali untuk mengedukasi diri demi keuangan sehat hingga haru tua menjemput. Sayangnya, tidak semua milenial mampu menggunakan jasa penasihat keuangan yang membutuhkan biaya tidak murah. 

Untungnya, ada beberapa buku yang bisa kamu baca untuk memperkaya pengetahuan soal pengaturan keuangan, menabung, serta investasi untuk hari tua. Apa saja buku yang wajib kamu baca? 

The 30-Day Money Cleanse: Take Control of Your Finances

Buku ini bisa memberikan dan menggambarkan berbagai hasil penelitian mengenai psikologi perilaku manusia yang terkait dengan financial freedom. Kamu yang ingin mengubah kebiasaan buruk dalam pengaturan keuangan yang buruk, mungkin membaca buku ini bisa membantu membukakan jalan menuju keuangan sehat. 

I am Net Worthy: The Financial Master Plan for Millennial

Salah satu penulis buku ini, Chris Smith, mengajarkan perencanaan dan pengaturan keuangan yang meliputi investasi, utang, dan bagaimana mengatur pengeluaran yang baik. Selain itu, buku ini menggunakan pendekatan milenial yang mudah dimengerti. 

Broke Millennial Takes on Investing

Kamu ingin belajar lebih banyak tentang investasi? Sepertinya, buku yang membicarakan tren investasi di tahun 2019 ini berguna buat kamu yang masih pemula. 

Ketiga buku ini sangat penting untuk kamu baca, jika ingin mencapai financial freedom di usia muda. Jangan lupa untuk langsung menerapkan apa yang sudah kamu pelajari dari ketiga buku ini ya!

#Growfearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Selebtwit sekaligus Financial Planner Beberkan Tips untuk Tidak Boros
Artikel Selanjutnya
Metode Pembayaran Terbaik Jika Kamu sedang Mengatur Keuangan