Sukses

Lifestyle

Manfaat Mengonsumsi Kimchi untuk Kesehatan Tubuh

ringkasan

  • Memperlambat Penuaan Dini
  • Membantu Menurunkan Berat Badan
  • Menjaga Kesehatan Jantung

Fimela.com, Jakarta Sayuran merupakan salah satu sumber nutrisi yang baik untuk tubuh. Sangat disarankan untuk mengonsumsi sayuran setiap hari baik anak-anak maupun orang dewasa. Sayuran dapat diolah menjadi berbagai macam menu masakan, misalnya seperti ditumis, direbus, atau dimakan mentahan.

Di luar negeri, banyak orang mengembangakan metode pengawetan seperti fermentasi dalam mengolah sayuran. Sayuran seperti wortel, terong, mentimun, bayam, seledri, dan rebung dapat diawetkan dengan cara di fermentasi. Salah satu makanan yang dapat dikonsumsi melalui fermentasi yaitu kimchi.

Kimchi merupakan makanan tradisional dari Korea, dibuat dari sayuran asin yang difermentasi. Biasanya mengandung kol dan bumbu seperti gila, garam, bawang merah, bawang putih, jahe dan cabai. Selain memiliki rasa yang lezat, kimchi ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, berikut manfaatnya.

Padat Nutrisi

Kimchi salah satu makanan yang memiliki banyak nutrisi namun rendah kalori. Seperti kol Cina yang menjadi bahan utama membuat kimchi, mengandung vitamin A dan C, mineral, folat, vitamin K dan zat besi. Karena kimchi terdiri dari beberapa sayuran hijau seperti kol, seledri, dan bayam yang memiliki kandungan vitamin K yang dapat meningkatkan fungsi pencernaan.

Mengandung Prebiotik

Makanan fermentasi tidak hanya tahan lama, namun juga meningkatkan rasa dan aroma dari makanan tersebut. Kimchi mengandung bakteri lactobacillus yang baik untuk tubuh, terutama pencernaan. Fermentasi memungkinkan bakteri baik lainnya tumbuh dan berkembang biak, termasuk prebiotik, yaitu mikroorganisme yang juga memiliki manfaat untuk kesehatan seperti menangkal kanker, sembelit, flu, kesehatan jantung, kesehatan mental, dan membuat kulit tampak lebih elastis.

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Lactobacillus atau bakteri baik pada kimchi dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu kandungan vitamin C pada kimchi juga dapat turut menyumbang menjaga sistem kekebalan untuk menghalau bakteri dan virus jahat menyerang pada manusia.

Memperlambat Penuaan Dini

Perandangan kronis tidak hanya terkait dengan banyak penyakit, tetapi juga mempercepat proses penuaan dini. Mengonsumsi kimchi, akan memperpanjang usia sel dan memperlambat penuaan dini. Namun masih butuh penelitian lebih lanjut sebelum merekomendasikan kimchi sebagai pengobatan anti-penuaan.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Sebuah studi menemukan bahwa makanan fermentasi dapat membantu mengurangi berat badan dan lemak. Selain itu varietas fermentasi dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Meskipun demikian, mengonsumsi sayur segar menjadi cara baik untuk menurunkan berat badan daripada mereka yang sering mengonsumsi kimchi.

Menjaga Kesehatan Jantung

Penelitian menunjukkan bahwa kimchi dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Hal ini mungkin adanya sifat anti-inflamasi. Peradangan dapat menyebabkan penyakit jantung. Selain menangkal peradangan, kimchi juga dapat menekan pertumbuhan lemak dan menurunkan kadar kolestrol pada tubuh.

Berikut tadi beberapa penjelasan tentang manfaat kimchi untuk kesehatan tubuh. Meskipun memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, ada baiknya untuk tetap mengonsumsi sayuran segar yang masih memiliki kandungan vitamin utuh.

#Changemaker

Loading