Sukses

Lifestyle

Cari Tahu Potensi Penyakit, Diet Sampai Olahraga Paling Tepat Lewat Tes DNA

Fimela.com, Jakarta Tes DNA bukan lagi hanya digunakan sebagai validasi mencari tahu hubungan kekerabatan atau mengidentifikasi korban tindak kriminal lewat metode DNA Profiling. Seiring berkembangnya dunia medis khususnya penelitian DNA, tes DNA kini dapat menelusuri resiko kesehatan dan cara untuk memperbaikinya lewat gaya hidup. 

PT Cordlife Persada (Cordlife) yang selama ini dikenal berfokus pada ibu dan anak lewat layanan penyimpanan tali pusat, kini ikut mengembangkan layanan tes DNA atau uji genetis lewat Cordlife Genetic di Indonesia. Produk andalannya antara lain Cordlife Genetic Genesis 2.0, di mana tes DNA ini merupakan paling komprehensif dan dapat mendeteksi hingga lebih dari 360 panel melalui pemeriksaan lebih dari 1.400 gen.

"Cordlife Genetic melalui Genesis 2.0 mampu menganalisis resiko penyakit, kondisi terkait gaya hidup, karakteristik fisik dan lainnya yang bisa menemukan informasi mengenai tipe metabolisme untuk mencapai tujuan diet tepat, serta aplikasi gaya hidup paling pas untuk mendapatkan bentuk badan ideal sampai mengetahui tipe otot serta tipe diet yang sesuai genetis," ujar Talitha A. Prameswari, Product Marketing Manager PT Cordlife Persada dalam Health Talkshow "Your DNA Says A Lot About You” di Pantai Mutiara Sports Club akhir pekan lalu.

Untuk semakin menyempitkan penelusuran kesehatan yang berhubungan dengan gaya hidup, maka uji genetis menghadirkan produk Cordlife Genetic Diet, Cordlife Genetic Skin, dan Cordlife Genetic Sport. Cordlife Genetic Diet merupakan produk tes DNA untuk mencari informasi nutrisi dan diet dengan menganalisis tiga gen yang terbaik dengan obesitas dan penambahan berat badan.

Sementara itu untuk membantu memelihara kecantikan, hadir produk Cordlife Genetic Skin. Tes DNA ini merupakan tes genetis untuk kebutuhan terkait kulit dan kecantikan dengan menganalisis tiga gen yang terkait dengan proses penuaan kulit yaitu UV dan proses oksidasi dari sel kulit. Tes ini memberi gambaran bagaimana kulit terpengaruh oleh sinar ultraviolet atau kemampuan untuk mengeliminasi oksigen aktif (antioksidan) dan memberikan informasi mengenai proteksi optimum dan regimen kecantikan.

 

Membantu Tujuan Diet dan Olahraga Sesuai Tubuh Kita

Produk lainnya adalah Cordlife Genetic Sport, di mana Tes DNA ini merupakan uji genetis untuk kebutuhan terkait olahraga dengan menganalisis satu gen yang terkait dengan perkembangan otot. Tes ini memberikan gambaran tips dan saran terkait olahraga dan memprediksi tipe olahraga yang sesuai apakah berfokus pada power (kekuatan) atau endurance (ketahanan).

“Faktor genetik berperan besar dalam kemampuan tubuh seperti kekuatan, kecepatan, dan massa otot. Melalui uji DNA, kita dapat membaca tipe genetik otot sehingga dapat mengetahui juga jenis-jenis olahraga yang sesuai dengan gen kita,” timpal dokter spesialis kesehatan olahraga Dr. Monica Surjanto, Sp.KO dari klinik Medifit, pusat rehabilitasi aktif pertama di Indonesia yang menggunakan aktivitas fisik sebagai terapi utama dalam proses penyembuhan suatu penyakit, cedera olahraga, maupun pemulihan pasca operasi.

Hadirnya layanan tes DNA dari Cordlife disambut gembira oleh Fanny Ghassani, aktris dan presenter yang memanfaatkan produk tersebut untuk pencarian mdetode diet dan olahraga paling tepat sesuai dengan kebutuhan tubuhnya. "Saya banyak coba macam-macam diet dan olahraga, seringnya juga karena melihat keberhasilan orang lain atau karena sedang tren dan tidak semuanya cocok di tubuh saya. Mengetahui adanya tes DNA seperti ini membantu saya mencapai tujuan diet dan olahraga," tutup Fanny Ghassani.

Simak video berikut

#ChangeMaker 

;
Loading