Sukses

Lifestyle

Fimela Fest 2020: 5 Cara Praktikkan Self Love dalam Keseharian

Fimela.com, Jakarta Mencintai diri sendiri katanya lebih sulit dibandingkan mencintai orang lain. Hal ini terbukti jika kita dengan mudah menggambarkan sayang kepada orang lain, namun begitu sulit memberi reward pada diri sendiri.

Rasa cinta kepada orang lain selalu didahulukan, dibadingkan self love atau mengutamakan kebutuhan diri kita. Padahal dengan self love, hati dan pikiran lebih bahagia. Dengan begitu, tubuh pun akan tetap sehat.

“Pikiran dan tubuh menangkap pikiranmu dan bagaimana kamu memperlakukan diri sendiri. Semakin bersikap baik dan penuh kasih kepada diri sendiri, semakin besar integritas dan kepercayaan yang akan diperoleh dirimu sendiri," ujar Nathalie Sommer, pelatih hubungan dan keintiman melansir ph.asiatatler.com.

Lalu apa yang harus dilakukan untuk mencintai diri kita sendiri?

1. Kata-kata penyemangat

Pentingnya kata-kata penyemangat setiap harinya untuk membangun dirimu. Misalnya saja kata-kata seperti , "Saya Bisa", "Saya tidak akan menyerah", "Saya yang terbaik.".

2. Quality time

Quality time dengan diri sendiri dapat membuat kita lebih waras. Bayangkan saja seharian mengurus pekerjaan kantor, pekerjaan rumah, mengurus anak, bersama teman tentu membuat lelah dan stres.

Untuk itu, kita bisa meluangkan waktu diri untuk membuat diri kita bahagia seperti melakukan hobi, istirahat, yoga, membaca buku, berjalan-jalan, hingga makan enak sendiri. Ini akan memengaruhi kesehatan mental hingga tubuh.

3. Memberikan hadiah

Membeli hadiah untuk diri kita sendiri mungkin tampak seperti pilihan terbaik dan mudah bagi beberapa orang. Namun, berbelanja hadiah untuk diri kita sendiri bisa lebih dari sekadar belanja biasa.

Maka ada baiknya saat berbelanja, menanyakan pertanyaan-pertanyaan berikut kepada diri sendiri: Apa yang saya inginkan vs apa yang saya butuhkan?

4. Memberikan pelayanan untuk diri sendiri

Melakukan hal-hal yang membantumu merasa teratur dan melayani kebahagiaanmu. Misalnya saja, memasak makanan lezat atau membersihkan ruangan pribadi yang membuat dirimu senang. 

5. Sentuhan fisik

Rutinitas kesenangan sehari-hari terdiri dari waktu mandi, menyalakan lilin sebelum tidur dan membaca. Temukan sentuhan apa yang diinginkan yang membuatmu nyaman.

Seperti pijat, spa, perawatan wajah. Cara ini menunjukkan cinta kepada diri sendiri.

6. Jangan membandingkan

Self love yang paling penting ialah tidak membandinkan apa yang kita miliki dengan orang lain. Sebab perlu diingat kehidupan setiap orang berbeda dengan kita. Mensyukuri dan selalu berusaha yang terbaik untuk diri kita menjadi hal yang penting.

Untuk tahu lebih lanjut seputar self love, yuk, belajar self love bersama Psikolog Tara De Thours. Daftarkan dirimu di sini dan dapatkan info ter-update FIMELA FEST 2020. Jangan sampai terlewat ya!

 

#changemaker

;
Loading