Sukses

Lifestyle

5 Kebiasaan yang Dapat Membantu Tidur Lebih Nyenyak dan Berkualitas

ringkasan

  • Pastikan untuk berolahraga dua hingga empat jam sebelum waktu tidur.
  • Memilliki jadwal tidur dan bangun yang konsisten adalah rekomendasi nomor satu dari banyak pakar tidur.
  • Alkohol akan menenangkan dan membuat kamu mengantuk, Tetapi ini biasanya tidak berlangsung lama. Begitu efeknya hilang, kamu akan terbangun dengan keringat, sakit kepala dan sering buang air kecil.

Fimela.com, Jakarta Mengalami kesulitan tidur atau kerap terbangun tengah malam adalah hal yang sering dialami banyak orang. Banyak orang yang selalu mencari cara untuk dapat tidur dengan lebih nyenyak. Tidur malam yang berkualitas sangat penting bagi kesehatan tubuh. Untuk kamu yang bermasalah dengan tidur, seperti kebiasaan lainnya, pasti ada cara untuk mengubah dan memperbaikinya.

Dilansir dari realsimple.com, ada beberapa kebiasaan menurut para ahli yang dapat membantu kamu memperbaiki kualitas tidur menjadi lebih baik.

1. Mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup

Profesor dan direktur UC Berkeley's Sleep and Neuroimaging Lab, Matthew Walker, PhD, menjelaskan bahwa siang hari adalah kunci untuk mengatur pola tidur sehari-hari. Disarankan untuk semua orang keluar ruangan setidaknya selama 30 menit untuk mendapatkan paparan sinar matahari. Jika kamu memiliki masalah tidur, kamu harus mendapatkan 30 menit hingga satu jam paparan sinar matahari pagi dan mematikan lampu sebelum tidur.

2. Rutinitas olahraga malam jangan terlalu dkat dengan waktu tidur

Kamu pasti tahu bahwa olahraga baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Selain itu, olahraga juga dapat meningkatkan kualitas tidur. Terutama jika kamu berolahraga di pagi hari. Olahraga pada malam hari juga baik, tapi pastikan untuk berolahraga dua hingga empat jam sebelum waktu tidur.

3. Mandi dengan air hangat

Penelitian menunjukkan bahwa mandi air hangat pada malam hari, satu atau dua jam sebelum tidur, dapat membantu kamu tidur dengan nyenyak. Mandi adalah cara yang bagus untuk relaksasi dan mendekompres di akhir hari yang panjang.

4. Tidak konsumsi alkohol atau kafein sebelum tidur

Alkohol akan menenangkan dan membuat kamu mengantuk, Tetapi ini biasanya tidak berlangsung lama. Begitu efeknya hilang, kamu akan terbangun dengan keringat, sakit kepala dan sering buang air kecil. Hal ini akan mengganggu tidur kamu. "Cobalah berhenti minum tiga jam sebelum tidur,dengan begitu tidak akan memengaruhi kualitas tidur" kata Breus. Untuk kafein, dapat ditemukan dalam kopi, cokelat, teh tertentu, dan soda. Stimulan ini dapat bertahan dalam sistem tubuh hingga delapan jam.

5. Jaga suhu kamar tetap sejuk

Tubuh memiliki suhu ideal saat tidur. Saat suhu sedang panas, mungkin itulah sebabnya kamu lebih gelisah dan tidak nyaman untuk tidur. Kamu akan tidur lebih baik jika kamar tidur berada di suhu yang sejuk atau normal.

 

6. Menetapkan jadwal tidur dan bangun yang konsisten

Memilliki jadwal tidur dan bangun yang konsisten adalah rekomendasi nomor satu dari banyak pakar tidur, termasuk Michael J. Breus, PhD, spesialis tidur daerah Los Angeles dan pendiri The Sleep Doctor.

“Sangat penting untuk menjaga ritme tidur dan bangun. Bahkan harus dipraktikkan pada akhir pekan,” jelas Breus. Penting untuk kamu bangun pada waktu yang sama setiap harinya. Tubuh kamu secara bertahap akan mulai menyesuaikan diri dan akan mengantuk pada waktu yang sama setiap malam.

Penulis: Zhafira Majdina

#changemaker

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Ampuh! Tiru 5 Cara Ini Dalam Membantu Anak Cepat Tidur di Malam Hari
Artikel Selanjutnya
Alami Masalah Tidur selama Pandemi COVID-19? Ini Beberapa Cara Mengatasinya