Sukses

Lifestyle

3 Cara Ampuh Mencintai Diri Sendiri

Fimela.com, Jakarta Mencintai diri sendiri (self love) tentunya lebih susah dibandingkan mencintai orang lain. Sebab, kamu terkadang sulit untuk menerima kekurangan dirimu sendiri. Padahal, menerapkan cara mencintai diri sendiri sama pentingnya dengan cara untuk mencintai orang lain.

Maka dari itu, sebelum kamu mulai menyayangi orang lain atau lingkungan disekitarmu, cobalah untuk mencintai diri sendiri terlebih dahulu. Kamu bisa mulai mencintai diri sendiri dengan beberapa cara ampuh yang bisa kamu terapkan kedalam dirimu. Berikut penjelasannya di bawah ini.

1. Baik ke diri sendiri

Baik di sini artinya luas banget. Kamu bisa mengawali arti baik tersebut dengan mulai memberi respon yang baik terhadap diri sendiri ketika kamu sedang melakukan kesalahan. Dalam hidup, kamu tidak bisa selalu mendapatkan apa yang kamu mau dan wajar misal kamu tidak mendapatkannya sehingga kamu menjadi marah atau stress sendiri. Sebelum kamu marahin diri sendiri, cobalah untuk berbaik sedikit kepada diri kamu dengan cara meyakinkan bahwa kamu bisa melakukannya dan tidak apa-apa jika kamu melakukan kesalahan.

2. Manusia tidak ada yang sempurna

Setiap manusia tentunya pernah marah, sedih, atau merasa frustasi. Selain itu, pastinya semua manusia pernah melakukan kesalahan dan kegagalan dalam hidupnya. Jika kamu bisa memaklumi ketidaksempurnaan orang lain, kamu juga harus bisa memaklumi ketidaksempurnaan diri kamu sendiri yang mana wajar kalau kamu melakukan kesalahan dan kegagalan karna memang setiap manusia tidak ada yang sempurna. Belajarlah untuk menerima bahwa manusia tidak ada yang sempurna dan jangan berada dalam tuntutan orang lain yang mengharuskan kamu menjadi sempurna.

3. Membiasakan diri melatih mindfulness

Hal ini bisa dilakukan dengan melibatkan diri sendiri buat tidak mudah untuk memberi judgement tentang apa yang dipikirkan dan bisa menerima seluruh hal yang dialami dan dirasakan. Akan susah untuk kamu mencintai diri kamu sepenuhnya jika kamu tidak dapat mengakui seluruh hal tentang diri kamu sendiri.

Nah itu dia beberapa cara ampuh yang dapat membuat kamu mencintai diri sendiri. Tidak  ada alasan lagi untuk kamu tidak mencintai diri sendiri yaa!

Ditulis: Adjeng Dwi Fitriani

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading