Sukses

Lifestyle

Waktu Terbaik untuk Mendirikan Salat Tahajud di Bulan Ramadan

Fimela.com, Jakarta Di bulan Ramadan yang penuh dengan keberkahan dan kemuliaan ini, umat Islam disarankan untuk berlomba-lomba dalam kebaikan. Umat Islam juga disarankan untuk lebih giat menjalankan ibadah wajib pun ibadah sunah. Salah satu ibadah sunah yang perlu dilakukan lebih giat karena mendatangkan pahala yang berlipat ganda adalah salat Tahajud

BACA JUGA: Ajakan Tahajud, Tata Cara, Bacaan Dan Keutamaannya

Apa Itu Salat Tahajud?

Salat Tahajud merupakan salat sunah yang dikerjakan di malam hari. Salat Tahajud sebaiknya dikerjakan setelah bangun tidur di malam hari. Salat ini memiliki banyak keutamaan di antaranya, salat Tahajud mendatangkan pahala yang berlipat ganda, siapa yang berdoa saat salat Tahajud akan dikabulkan doanya dan bisa membuat perasaan semakin tenang. 

Kapan Waktu Terbaik untuk Mendirikan Salat Tahajud?

Waktu pelaksanaan salat Tahajud adalah malam hari. Ada tiga waktu utama untuk mendirikan salat Tahajud yakni di sepertiga malam pertama, sepertiga malam kedua dan sepertiga malam ketiga. Dari ketiga waktu utama ini, yang paling utama adalah di sepertiga malam ketiga. 

Waktu sepertiga malam pertama adalah pada rentang setelah salat isya’ hingga pukul 22.00 malam. Sebaiknya salat Tahajud dilakukan setelah terbangun dari tidur. 

Waktu sepertiga malam kedua adalah pada rentang pukul 22.00 hingga pukul 01.00 dini hari. Waktu ini merupakan waktu utama mengingat banyak orang yang sudah tertidur di waktu ini. 

Waktu seperti malam ketiga atau terakhir adalah pada rentang pukul 01.00 dini hari hingga sebelum memasuki waktu subuh. Ini adalah waktu paling utama di antara waktu lainnya mengingat di waktu ini kita sangat sulit untuk bangun. Allah menjanjikan pahala yang berlipat ganda bagi orang yang mau mendirikan salat Tahajud apalagi konsisten dalam mendirikannya.

Kapan Sebaiknya Salat Tahajud di Bulan Ramadan?

Di saat bulan Ramadan, sebenarnya kita punya peluang untuk mendirikan salat Tahajud lebih banyak dari hari-hari biasa. Kita bisa mendirikan salat Tahajud sebelum atau sesudah sahur. Namun jika kamu sahur mendekati waktu imsyak, sebaiknya salat Tahajud dilakukan sebelum sahur. 

Untuk jumlah rakaat salat Tahajud tidak ada batasannya. Kita bisa mendirikan salat Tahajud sebanyak 2 rakaat, atau lebih. Salat Tahajud hampir sama dengan salat sunah lain yang didirikan setiap dua rakaat salam. 

Semoga informasi ini bermanfaat dan semoga kita semua semakin konsisten menjalankan ibadah Ramadan baik ibadah wajib maupun sunahnya.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading