Sukses

Lifestyle

7 Cara untuk Memotivasi Diri Sendiri agar Tetap Bersemangat Jalani Hari

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela pernah merasakan kehilangan semangat dan tidak termotivasi untuk melakukan kegiatan apa pun? Hal semacam ini memang wajar-wajar saja untuk terjadi di dalam kehidupan, apalagi di tengah penatnya kesibukan yang tak ada habisnya. Niat dan ambisi yang dapat berkurang dari waktu ke waktu menjadikan seseorang perlu untuk bangkit dan mendapatkan motivasi kembali. 

Motivasi seseorang dapat muncul dan dipengaruhi oleh beberapa hal, baik secara internal, maupun eksternal. Contohnya seperti seberapa besar kamu menginginkan tujuan tersebut dan apa yang akan kamu dapatkan ketika sudah mencapai tujuan. Motivasi ini dapat ditemukan melalui apa saja dan dari mana saja. Kamu pun bisa menemukan cara tersendiri agar bisa mempertahankan diri untuk tetap fokus pada setiap proses untuk mencapai tujuanmu. 

Maka dari itu, dirangkum dari situs betterup, ini dia beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menemukan motivasi agar lebih bersemangat menyelesaikan pekerjaan dan melakukan setiap aktivitas. Yuk langsung simak di bawah ini!

1. Mengetahui Kembali Tujuanmu Sebenarnya

Supaya kamu dapat kembali termotivasi, maka kamu bisa mengkaji ulang mengenai rencanamu. Kamu bisa melihat kembali tujuan dan progress yang telah kamu jalani sejauh ini. Bahkan, kamu juga dapat menetapkan tujuan baru dengan memikirkan apa yang ingin dicapai di minggu depan dan minggu-minggu selanjutnya. Namun, perlu diperhatikan untuk selalu menangani satu tujuan saja pada satu waktu agar tidak merasa terbebani. 

Luangkan waktu sejenak untuk berhenti dan renungkan hal-hal yang telah terjadi. Dengan begitu, kamu bisa menumbuhkan motivasi dan memastikan bahwa tujuanmu bisa dicapai dengan secepatnya. 

2. Mulai dari Sesuatu yang Kecil

Langkah yang kecil bisa memberikan perubahan yang besar. Dalam hal ini, jangan merasa takut untuk membagi tujuan dalam jangka panjang menjadi beberapa langkah kecil. Kamu bisa memeriksa langkah tersebut secara rutin dan menjalaninya secara konsisten. Lalu, sesuaikan langkah-langkah tersebut dengan kebutuhan. Saat kamu sudah memulainya, tanpa sadar kamu pun bisa menjalaninya. Tetaplah fokus pada tujuan tersebut hingga kamu bisa benar-benar menyelesaikannya. 

3. Mengingat Kembali Apa yang Memotivasimu Sejauh Ini

Ingatlah kembali mengapa kamu memulai sesuatu. Entah motivasi intrinsik atau ekstrinsik yang dapat mendorongmu, selama motivasi bisa membuat kamu bergerak maju, maka motivasi akan terasa valid. Semua orang akan memiliki motivasi yang berbeda-beda, tetapi hal tersebut tidak boleh menghalangimu untuk tetap bergerak. Tetaplah berpegang teguh pada apa pun yang bisa memotivasimu. 

4. Melakukan Self-Care

Jika kamu tidak dapat merawat diri sendiri, hal-hal negatif pun akan datang menghampiri. Mulai dari kesulitan untuk tidur nyenyak, berkurangnya waktu untuk bersantai, dan mudah merasa lelah. Semua hal itu dapat berdampak pada tingkat motivasimu. Namun, apabila kamu sudah melakukan self care atau merawat diri, kamu dapat menjaga pikiran dan tubuh agar tetap bertenaga. Kamu bisa melakukan praktik self care dengan membaca, berolahraga, atau melakukan hobi. Carilah aktivitas yang bisa membuatmu merasa segar dan kembali bersemangat. 

5. Memberikan Reward untuk Diri Sendiri

Memikirkan reward untuk diri sendiri akan menumbuhkan motivasi untuk cepat menyelesaikan segala pekerjaanmu. Reward tersebut juga dapat dilakukan dengan membaginya di sepanjang proses yang tengah berjalan. Pastikan bahwa kamu tetap bisa merasa fokus untuk meraihnya dan reward tersebut tidak terus menerus mengganggu pikiranmu. 

6. Menetapkan Deadline yang Spesifik

Deadline yang jelas dan spesifik mengenai setiap tugas dan tujuanmu bisa menciptakan rasa urgensi untuk diri sendiri. Dengan cara ini, kamu akan tetap termotivasi untuk tetap berada di jalur yang benar. Jika ingin cara yang lebih spesifik lagi, kamu bisa mencoba teknik Pomodoro untuk membagi pekerjaan menjadi beberapa blok waktu yang terfokus dan menetapkan jeda singkat. Waktu jeda tersebut bisa ditetapkan selama 10 hingga 20 menit sesuai dengan kebutuhanmu. Hal ini bisa membuat pikiranmu beristirahat sebentar, tugas akan terasa lebih mudah, dan mencegah tubuh dari rasa lelah.  

7. Anggap Kegagalan sebagai Kesempatan untuk Belajar

Jangan biarkan rasa takut dan kegagalan menghambat dirimu untuk terus berkembang. Lihatlah kegagalan tersebut sebagai kesempatan untuk belajar dan bertumbuh. Kamu juga bisa melihat seseorang yang telah mencapai apa yang kamu inginkan. Dengan banyak belajar dari mereka, kamu bisa mendapatkan inspirasi dan pengetahuan baru untuk turut mencapai tujuanmu. Kamu juga dapat berbicara dengan teman atau kerabat terdekat lainnya untuk menemukan hal yang positif. Tetaplah berpikiran secara terbuka dan melihat segala sesuatu dari perspektif yang berbeda. 

Motivasi akan didapatkan apabila kamu telah fokus dengan rencana dan tujuanmu selama ini. Tentunya tidak akan mudah untuk memunculkan motivasi, apalagi akan ada rasa malas dan rasa untuk menunda-nunda pekerjaan yang membuat tugas tidak cepat tuntas. Namun, jika kamu telah menemukan motivasi untuk tetap berada pada jalurmu, kamu pasti bisa melewati dan melawan rasa malasmu. Jadi, tetap semangat jalani hidup ini, ya!

 

Penulis: Syifa Azzahra

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading