Sukses

Entertainment

Editor Says: Artis Ganti Nama, Nama Lama Tetap Terpatri

Fimela.com, Jakarta Proses ganti nama memang mudah. Namun untuk mengubah dan meminta publik untuk familiar dengan nama baru bukan persoalan gampang. Itulah yang terjadi pada sejumlah selebriti tanah air seperti Reza Artamevia, Sophia Latjuba, Annisa Trihapsari, Abimana Aryasatya, Teuku Wisnu, dan Nia Ramadhani, dll.

***
Sejumlah selebriti Indonesia dengan berbagai alasan mengganti nama dirinya dengan nama yang baru.  Uniknya setelah nama mereka diganti dengan nama yang baru publik tetap saja ingat dengan nama yang lama.

Reza Artamevia saat menggelar jumpa pers terkait kasusnya di Mataram. (Adrian Putra/bintang.com)

Reza yang baru-baru ini tertangkap kasus narkoba di Mataram, Lombok belum lama ini, mengganti namanya dari Reza Artamevia menjadi Reza Artamevira. Alasan yang ia kemukakan soal pergantian nama adalah karena kata mevia dalam bahasa Latin artinya kesedihan. Karena itu ia mengganti dengan nama mevira (juga dalam bahasa Latin) yang berarti kegembiraan.

Teuku Wisnu mengganti namanya atas saran seorang ustaz yang menilai nama Wisnu adalah nama salah satu dewa dalam agama Hindu. Seperti diketahui umat Hindu memuja beberapa dewa, salah satunya adalah Dewa Wisnu. Atas alasan itu Teuku Wisnu mengubah namanya menjadi Al Fatih.

Sedangkan Sophia Latjuba mengubah nama dirinya menjadi Sophia Müller untuk mengubah image yang sudah melekat selama ini. Sophia Latjuba mengganti namanya dengan Sophia Müller sejak September 2012. Nama itu diambil dari leluhurnya dari garis ibu yang berdarah Jerman. Menurut kekasih Ariel Noah ini ia mengubah namanya bersadarkan mimpi.

Shopia Latjuba punya harapan besar saat mengganti nama Latjuba menjadi Müller. (Andy Masela/Bintang.com)

Lain lagi dengan Annisa Tribanowati yang mengubah namanya, karena nama Tribanowati bermakna sepi, sedangkan Tribanowati bermakna bidadari. Itu yang menjadi alasan istri Sultan Djorgie ini akhirnya mantab mengubah nama dirinya.

Sementara bintang film Abimana juga mengubah nama pemberian orangtuanya. Orang tuanya menyematkan nama Robertino untuk nama dirinya. Namun karena alasan ia belum pernah bertemu orang tuanya yang memberikan namanya ia kemudian mengubah namanya menjadi Abimana Aryasatya.

Nia Ramadhani masih menggunakan nama aslinya meskis udah mengubah nama dirinya. (Andy Masela/bintang.com)

Dari sekian artis yang mengubah namanya, tampaknya Nia Ramadhani yang paling serius. Nia mengganti nama aslinya dari Nia Ramadhani menjadi Ramadania Ardiansyah Bakrie setelah dia menikah dengan Ardi Bakrie. Perubahan ini disertai dengan perubahan akte kelahiran. Namun untuk nama populer dia masih enggan melepas nama aslinya.

Lalu apa yang terjadi setelah nama mereka diganti? Apakah publik langsung familiar dengan nama baru yang coba dikenalkan?

Nasib Setelah Ganti Nama

Ternyata setelah nama berubah, tidak semudah yang dibayangkan. Nama baru meski sudah dipublikasikan via media cetak dan elektronik, namun publik masih senang dengan nama asli yang artis.

Reza Artamevia dan Sophia Latjuba misalnya. Keduanya berusaha mengubah image lama yang melekat pada diri mereka seiring dengan perubahan nama mereka. Namun apa yang terjadi, sebagian besar wartawan baik media cetak maupun elektronik yang menjadi ujung tombak tersiarnya kabar dari kedua selebriti yang bersangkutan, masih asyik menggunakan nama lama mereka.

Abimana Aryasatya konsisten menggunakan nama barunya setelah ganti nama. (Galih W. Satria/bintang.com)

Hal yang sama terjadi pada bintang sinetron berdarah Aceh, Teuku Wisnu. Meski nama barunya sudah dikabarkan kepada wartawan, namun kebiasaan menuliskan nama Teuku Wisnu tak bisa dengan cepat diubah. Akhirnya tetap saja nama Teuku Wisnu yang mengemuka. Sedangkan nama Al Fatih, hanya sesekali saja disebut.

Pada Nia Ramadhani, juga terlihat kalau yang bersangkutan masih amat sayang dengan nama yang yang digunakan untuk meniti karier di pentas entertainmen tanah air. Walau pun sudah mengganti nama sampai harus mengubah indentitas diri, namun dalam berbagai kesempatan seperti penyebutan nama di laman media sosial masih menggunakan nama yang sudah populer itu; Nia Ramadhani. Cuma diujung nama bekennya ditambahkan nama keluarga; Bakrie.

Teuku Wisnu masih kesulitan mengenalkan nama barunya. Publik masih mengenal nama lamanya. (Andy Masela/Bintang.com)

Yang agak berbeda pada Annisa Trihapsari yang mengubah namanya menjadi Annisa Tribanowati dan Robertino yang mengubah namanya menjadi Abimana Aryasatya. Kedua bintang sinetron dan bintang film ini relatif berhasil menggunakan nama barunya di pentas entertainmen. Perlahan namun pasti nama lama mereka terkubur seiring dengan nama baru yang secara konsisten dipergunakan untuk identitas mereka mengarungi dunia entertainmen negeri ini.

Kata kuncinya adalah konsisten. Konsisten menggunakan nama barunya dalam berbagai kesempatan. Mulai dari publikasi nama untuk sinetron atau film yang mereka bintangi. Dan juga penulisan berita yang dilakukan wartawan media cetak dan elektronik.

Annisa Tri Hapsari pelan namun pasti berhasil mengenalkan nama barunya kepada publik.' (Galih W Satria/Bintang.com)

Mensosialisasikan nama baru memang bukan berkara mudah. Tanpa konsistensi dan kesungguhan  ingin berubah dan mengusung nama baru. Aksi ganti nama yang dilakukan artis kita tinggal seremonial belaka. Nama alam tetap akan digunakan jika nama baru tak sungguh-sungguh ingin digunakan. Tak perlu heran jika nama Reza Artamevia, Sophia Latjuba, dan Nia Ramadhani masih amat populer. Berbeda dengan nama Anisa Tribanowati dan Robertino yang sudah mulai dilupakan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading