Sukses

Parenting

Bunda, Kurangnya Asupan Vitamin B12 Selama Kehamilan Tingkatkan Risiko Gangguan Syaraf Janin

Hamil membuat kita harus benar-benar memperhatikan asupan gizi dan vitamin yang kita konsumsi. Pasalnya, ketika hamil, kebutuhan gizi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh akan meningkat menjadi dua kali lipat. Kekurangan gizi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh dan janin yang berada dalam kandungan akan membuat tubuh, bahkan janin kita, menjadi lebih rentan terhadap gangguan penyakit.

Salah satu vitamin penting yang perlu tercukupi asupannya adalah vitamin B12. Dilansir dalam laman www.nhs.uk, vitamin B12 diketahui sangat berperan penting dalam perkembangan syaraf dan fungsi otak janin Anda, oleh sebab itu, jika asupan tubuh kekurangan asupan vitamin B12, hal ini akan membuat bayi kita menjadi lebih rentan mengalami gangguan syaraf yang bisa membuatnya terlahir cacat.

Beberapa gangguan syaraf yang mungkin dialami janin yang ibunya mengalami defisiansi vitamin B12 adalah spina bifida, anencephaly, dan encephalocele. Spina
bifida merupakan gangguan syaraf yang menyebabkan tulang belakang bayi tidak berkembang dengan baik. Anencephaly adalah gangguan syaraf yang menyebabkan bayi terlahir tanpa tulang tengkorak dan encephalocele adalah gangguan syaraf yang menyebabkan membran otak keluar dari lubang tengkorak.

Karena fatalnya akibat yang dapat ditimbulkan oleh kekurangan vitamin B12 ini, calon ibu harus benar-benar memperhatikan ketercukupan asupan vitamin B12 yang ia konsumsi, terutama di trisemester ke 2 kehamilannya. Sebab, saat ini lah perkembangan otak dan syaraf janin dimulai.

Konsumsi vitamin B12 yang cukup dapat Anda lakukan dengan rajin mengonsumsi makanan yang terbuat dari kacang-kacangan seperti tempe dan tahu. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi rumput laut yang juga merupakan sumber makanan kaya vitamin B12.

Sereal sarapan, beberapa produk pengganti daging, dan susu kedelai juga diketahui banyak memiliki kandungan vitamin B12 lho, Bunda. Jadi, Anda tidak perlu merasa kesulitan mendapatkan asupan vitamin B12. Jika ingin lebih praktis, Anda bisa meminta dokter Anda untuk meresepkan multivitamin B kompleks yang bisa Anda beli di apotek-apotek umum.

Nah, itulah pentingnya vitamin B12 bagi tubuh dan janin serta resiko yang mungkin ditimbulkan jika Anda kekurangan. Semoga informasi ini dapat melengkapi pengetahuan Anda selama masa kehamilan, sehingga si kecil bisa lahir dengan sehat dan sempurna.

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading