Sukses

Parenting

Kurangi Konsumsi Minuman Jus dan Soda Anak Anda!

Anak-anak dikenal suka dengan minuman yang manis. Jika konsumsi minuman ini tidak dikontrol orang tua, bisa jadi jenis-jenis minuman ini akan mereka konsumsi dalam jumlah berlebihan.

Beberapa dari jenis minuman yang paling sering dikonsumsi anak adalah jus dan minuman bersoda. Hanya saja, anda sebagai orang tua harus mulai mengontrol keduanya karena konsumsi yang berlebihan akan memiliki akibat yang merugikan.

Tercatat dalam situs kidshealth.org, beberapa alasan mengapa konsumsi jus dan minuman bersoda harus dibatasi:

Jus dan minuman bersoda yang manis mengandung jumlah kalori yang cukup tinggi. Semakin banyak keduanya dikonsumsi, semakin besar jumlah kalori yang menumpuk dalam tubuh. Hal ini akan memperbesar kemungkinan munculnya masalah kesehatan bagi anak.

Situs yang sama juga menjelaskan bahwa jangan pernah memberikan minuman jus pada bayi di bawah usia 6 bulan. Sedang bagi anak di atas usia tersebut, pemberian jus sebaiknya dibatasi dalam jumlah sebagai berikut:

•    6-12 bulan => tak lebih dari 120ml per hari;

•    1-6 tahun => 120-180ml per hari;

•    7-18 tahun => 240-360ml per hari.

Sedangkan untuk minuman bersoda, sebaiknya anak hanya sesekali saja meminum minuman ini.

Anjuran untuk tidak terlalu sering minum minuman bersoda ada karena efeknegatif yang mungkin muncul.

Minuman bersoda memiliki kandungan gula yang tinggi, namun sama sekali tidak bernutrisi. Konsumsi yang berlebihan akan berakibat pada, salah satunya, kerusakan gigi.

Selain itu, kebiasaan ini juga erat hubungannya dengan obesitas dan penyakit-penyakit lain yang  muncul karena berat badan yang kurang ideal.

So, pastikan anda mulai sekarang mengatur dan mengontrol minuman si kecil, ya.

Penulis: Alfi Suci D.

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading