Sukses

Parenting

Trisemester Kedua Kehamilan

Seorang ibu hamil dikatakan memasuki trisemester kedua apabila usia kandungannya dalam rentangan 13-28 minggu. Kebanyakan wanita hamil menyatakan bahwa trisemester kedua jauh lebih mudah untuk dilalui bila dibandindingkan trisemester pertama.

Ketika memasuki trisemester kedua, mungkin Anda mulai menyadari bahwa rasa letih dan mual yang berlebih mulai menghilang. Akan tetapi, Anda juga akan menyadari perubahan lain yang terjadi pada tubuh Anda. Perubahan yang paling jelas terjadi adalah membesarnya perut Anda seiring dengan perkembangan janin di dalam rahim Anda. Menurut www.womenshealth.gov, sebelum trisemester kedua ini berakhir, Anda akan mulai menyadari bahwa janin Anda mulai bergerak.

Karena terjadinya perubahan di tubuh Anda untuk memberikan ruang gerak untuk janin Anda, kemungkinan besar Anda akan mengalami rasa sakit pada beberapa bagian tubuh Anda seperti punggung, perut, dan paha. Tanda regangan atau stretch mark yang mulai muncul pada perut, payudara, paha, dan bokong. Selain itu, warna puting Anda akan bertambah gelap.

Selain itu, Anda akan mulai merasakan seperti kapalan yang terjadi pada tangan Anda. Anda juga kan merasakan rasa gatal pada perut, telapak tangan, dan tumit. Segera hubungi dokter Anda jika Anda mulai merasa mual, kehilangan nafsu maakn, muntah, serta letih berlebih yang diikuti oleh rasa gatal karena hal tersebut kemungkinan merupakan tanda adanya masalah yang berkaitan dengan hati.

Perubahan lain yang terjadi adalah membengkaknya pergelangan kaki, jari, dan muka. Jika Anda menyadari terjadinya pembengkakan yang terjadi secara tiba-tiba atau jika Anda mengalami kenaikan berat badan yang sangat cepat, segera hubungi dokter karena kondisi tersebut kemungkinan merupakan tanda preeclampsia.

Oleh: Ratih Kristianasari

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading