Sukses

Parenting

4 Tips Efektif Mengompres Anak yang Demam

ringkasan

  • Pakai Air Hangat
  • Gunakan Kain atau Handuk Bersih
  • Kompres di Area Lipatan Pembuluh Darah Besar

Fimela.com, Jakarta Saat anak sedang demam, kita sebagai orangtua biasanya akan langsung khawatir. Sangat penting bagi kita untuk tetap tenang menghadapi dan menangani anak yang demam. Kompres dengan air hangat pun menjadi salah satu cara untuk menurunkan panas anak.

Tapi sudah benarkah cara kita mengompres anak yang demam? Dr. Kurniawan Taufiq Kadafi, M.Biomed, Sp.A(K) dalam buku Mengatasi Gawat Darurat pada Anak menuliskan bahwa penurunan suhu tubuh paling efektif pada anak yang demam adalah dengan memberikan obat penurun panas dan kompres air hangat bersamaan. Penting untuk digarisbawahi bahwa obat penurun panas tidak secara otomatis harus diberikan jika anak demam. Sebab demam bisa terjadi sebagai mekanisme pertahanan tubuh terhadap infeksi.

Untuk membuat anak merasa nyaman dan menurunkan suhu tubuhnya, kita bisa mengompresnya. Berikut empat hal penting yang perlu diketahui dalam mengompresi anak yang demam.

1. Pakai Air Hangat

Gunakan air hangat dengan suhu 29,4 - 32,2 derajat celcius untuk mengompres. Mengompres dengan air hangat lebih efektif dibandingkan air dingin. Mengompres air dingin hanya akan merangsang penyempitan pembukuh darah. Akibatnya, akan muncul sinyal bagi pusat suhu di otak untuk menghasilkan panas yang lebih banyak sehingga suhu tubuh justru meningkat setelah dikompres dengan air dingin.

2. Gunakan Kain atau Handuk Bersih

Kita membutuhkan air hangat, wadah, dan kain untuk mengompres anak. Gunakan kain atau handuk bersih untuk mengompres anak. Sebaiknya pilih kain yang dapat menyerap dan menahan air dengan baik. Air untuk mengompres bisa diganti secara berkala.

 

3. Kompres di Area Lipatan Pembuluh Darah Besar

Selain di kening, kompres bisa diberikan di area lipatan pembuluh darah besar. Kita bisa mengompres atau menyeka tubuh anak di area lipatan seperti ketiak dan paha. Dengan cara ini, panas tubuh bisa lebih efektif keluar dari pori-pori kulit tubuh.

4. Posisikan Anak di Tempat Paling Nyaman

Anak perlu berada di tempat yang paling nyaman agar suhu tubuhnya bisa segera turun. Atur tempat tidurnya senyaman mungkin. Berikan selimut yang nyaman. Ganti bajunya dengan yang lebih longgar agar sirkulasi udara bisa lebih lancar.

Anak yang demam juga rentan mengalami dehidrasi. Jadi, bantu cukupi kebutuhan cairan tubuhnya agar kondisiya bisa segera pulih.

 

Simak Video di Bawah Ini

#GrowFearless with FIMELA

Loading