Sukses

Parenting

Selain Sudah Berusia 6 Bulan, Ini 4 Tanda Bayi Siap MPASI

Fimela.com, Jakarta Pada enam bulan pertamanya, bayi hanya butuh air susu ibu (ASI). Makanan utama si kecil dari lahir hingga berusia enam bulan hanya ASI. Setelah berusia di atas enam bulan, bayi pun butuh Makanan Pendamping ASI (MPASI).

Kenapa bayi berusia di atas enam bulan butuh MPASI? Mengutip bukua Parenting tanpa Galau, saat sudah berusia di atas enam bulan, ASI saja tak cukup untuk mencukupi kebutuhannya. Pada usia di atas enam bulan, sistem saraf, oromotor, dan sistem motorik bayi sudah semakin berkembang. Pada periode inilah, kita bisa mulai memperkenalkan makanan yang bergizi. 

Secara umum ada empat tanda bayi sudah siap MPASI. Selengkapnya langsung saja simak uraiannya di bawah ini, ya.

1. Bisa Menjaga Keseimbangan Badan

Tidak disarankan memberikan MPASI terlalu dini (usia si kecil kurang dari enam bulan). Kenapa? karena banyak risiko kesehatan yang bisa dialami si kecil bila mendapat MPASI di bawah usia enam bulan, seperti gangguan pencernaan, alergi, dan masalah usus. Bahkan saat masih berusia di bawah enam bulan, sistem pencernaannya belum cukup matang untuk mencerna makanan. Salah satu tanda bayi siap MPASI adalah bayi sudah mampu menjaga keseimbangan badannya saat meraih objek di sekitarnya. Moms perlu memperhatikan kemampuan ini sebelum memberinya MPASI.

2. Refleksi Ekstrusi Sudah Berkurang

Apakah bayi masih sering refleks menjulurkan lidah? Jika refleks ekstrusi atau refleks menjulurkan lidah menghilang atau berkurang, maka ini tanda si kecil sudah siap MPASI. 

3. Suka Bereksplorasi

Saat bayi sudah lebih mandiri dan suka bereksplorasi, maka ia sudah menunjukkan tanda siap MPASI. Perhatikan juga apakah si kecil sering meminta atau membuka mulut saat melihat orang lain sedang makan sesuatu. Apabila ia kerap menunjukkan keinginan untuk ikut makan, maka kita  bisa mulai menyiapkan MPASI untuknya.

4. Mencondongkan Tubuh saat Lapar

Tanda umum bayi siap ASI adalah ia akan mencondongkan tubuhnya ke arah makanan ketika lapar. Lalu saat sudah kenyang, ia akan menjauhkan dirinya dari makanan. 

Empat tanda di atas adalah tanda paling umum bayi siap MPASI. Saat bayi sudah berusia enam bulan, segera cek tanda-tanda tersebut sebelum menyiapkan MPASI untuknya.

#ChangeMaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
4 Tips Merawat Bayi Baru Lahir tanpa Panik
Artikel Selanjutnya
Cara Melarang Anak Saat Bermain yang Membahayakan Dirinya