Sukses

Parenting

5 Karakter Penting yang Perlu Ditanamkan Pada Anak Sejak Dini

Fimela.com, Jakarta Pembentukan karakter pada anak akan menjadi lebih maksimal ketika ditanamkan sejak dini oleh orangtua. Hal ini karena masa anak-anak merupakan masa emas yang sangat menentukan karakter dan kepribadiannya kedepan. Gambaran karakter yang didapatkan pada masa kecil nantinya secara otomatis akan ikut berpengaruh sampai anak tumbuh menjadi remaja dan dewasa.

Karakter memiliki peran penting dalam kehidupan seseorang karena hal itu yang akan menentukan bagaimana seseorang memperlakukan dirinya dan orang lain. Kerap kali permasalahan muncul saat remaja atau dewasa secara tidak disadari sebenarnya merupakan bentuk dari kelalaian orangtua karena tidak menanamkan pendidikan karakter sejak dini pada anak.

Sebagai agen sosialisasi pertama dalam hidup anak, keluarga atau orangtua jelas mempunyai peran penting dalam pembentukan karakter. Anak akan melalui proses ‘meniru’ dengan apapun yang dilihatnya sejak ia kecil. Jika ingin membentuk karakter yang baik, maka orangtua juga perlu tahu cara mengajarkan sekaligus mencontohkannya.

Oleh karena itu, sebaiknya para orangtua tahu karakter-karakter apa saja yang perlu ditanamkan pada anak. Dilansir dari Liputan6.com, Fimela.com kali ini akan mengulas 5 karakter penting yang perlu ditanamkan pada anak sejak dini. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Kejujuran

Karakter penting yang perlu ditanamkan pada anak sejak dini untuk urutan pertama ialah kejujuran. Kejujuran merupakan karakter penting yang akan sangat berpengaruh dalam perjalanan hidupnya kelak. Karakter ini perlu diajarkan sejak kecil karena jika anak sudah dibiarkan atau dibiasakan berbohong maka ia akan menganggap bahwa kebohongan adalah hal yang wajar.

Cara menanamkan kejujuran pada anak harus dimulai dengan pendekatan orangtua yang terbuka serta peran sertanya dalam memberikan contoh di kehidupan sehari-hari. Tentu langkah awalnya adalah memberikan pemahaman tentang arti kejujuran, lalu mencontohkannya, dan membuat anak menjadi lebih terbuka pada orangtua sehingga tidak ada hal yang ditakuti atau disembuyikan darinya.

Percaya Diri

Berikutnya, karakter penting yang perlu ditanamkan pada anak sejak dini untuk urutan kedua ialah rasa percaya diri. Rasa percaya diri pada anak perlu dipupuk sejak kecil sehingga dalam masa pertumbuhannya anak akan menjadi lebh aktif dan ceria. Dengan karakter percaya diri, anak akan tumbuh sebagai sosok yang periang dan pemberani.

Anak yang tumbuh dengan rasa percaya diri akan mudah menerima hal baru dalam hidupnya. Sementara hal yang perlu ditakutkan ialah ketika anak tumbuh dengan rasa rendah diri sehingga menjadi sosok yang pemalu dan pasif lalu perkembangannya menjadi terhambat. Maka dari itu, karakter ini penting diajarkan, salah satu cara untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak adalah dengan memberikannya pujian, dukungan, serta apresiasi.

Empati

Ketiga, karakter penting lainnya yang perlu ditanamkan pada anak sejak dini ialah rasa empati terhadap sesama. Rasa kepedulian terhadap sesama adalah aspek penting yang akan mendukung kesuksesannya dalam bersosialisasi di masyarakat. Anak yang tidak memiliki empati biasanya kelak ia akan tumbuh menjadi pribadi yang apatis dan anti sosial.

Tentu saja jika orangtua ingin anaknya dapat memiliki karakter empati, maka sedari kecil rasa kepeduliannya perlu diasah. Ajarkan anak untuk membantu dan menolong sesama. Selalu contohkan pada anak bahwa sebagai makhluk sosial, setiap orang perlu memiliki rasa empati terhadap orang lain.

Disiplin

Selain rasa empati, karakter lain yang tidak kalah penting untuk diajarkan pada anak sejak dini ialah disiplin. Sudah menjadi rahasia umum bahwa disiplin merupakan kunci kesuksesan seseorang di masa depan dan untuk itu, anak perlu dilatih bersikap disiplin sejak mereka masih kecil.

Untuk mengajarkan anak agar bisa disiplin, metode tiap orangtua bisa jadi berbeda-beda. Jika orangtua mengalami kesulitan, salah satu metode yang bisa digunakan untuk membuat anak menjadi disiplin adalah dengan paksaan. Memaksa dalam hal ini bukan soal kekerasan tetapi ketegasan dari orangtua sehingga anak bisa menjadi disiplin karena paksaan yang akhirnya membuatnya menjadi terbiasa.

Kemandirian

Terakhir, karakter penting yang perlu ditanamkan pada anak sejak dini oleh orangtua ialah kemandirian. Melalui karakter kemandirian, anak akan tumbuh menjadi sosok yang kuat dan pemberani serta tidak manja selalu bergantung pada orang lain. Memanjakan anak boleh saja, tetapi ajarkan juga ia mengenai kemandirian.

Seringkali orangtua membuat kesalahan dengan terlanjur memanjakan anak sehingga mereka tumbuh menjadi pribadi yang lemah dan mudah rapuh. Jika anak selalu bergantung dan mengandalkan orang lain, maka saat dewasa bisa jadi ia akan mengalami kesulitan. Justru dengan bersikap mandiri, anak akan belajar tentang cara untuk bertanggungjawab.

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Tak Hanya Jadi Media Hiburan, Ini 5 Rekomendasi Film yang Mendidik untuk Anak
Artikel Selanjutnya
3 Mainan Edukasi Modern untuk Mengembangkan Kecerdasaan Anak