Sukses

Parenting

5 Jenis Mainan yang Bermanfaat bagi Tumbuh Kembang Anak

Seorang anak memiliki perkembangan paling pesat selama enam tahun pertama dalam hidupnya. Banyaknya pembangunan berlangsung yang sangat mempengaruhi tahun-tahun mendatangnya.

Para psikolog mengatakan bahwa mainan berperan penting dalam membantu anak dalam mempelajari hal-hal baru. Mainan anak juga bisa memberikan stimulus kepada tumbuh kembang anak.

Tidak heran jika anak-anak mendapatkan banyak pelajaran baru dari permainannya sendiri. Meskipun belajar dari permainan, tetapi esensi pembelajarannya tetap ada, misalnya untuk membantu anak belajar berhitung, menulis, bahkan mengingat sesuatu. 

Untuk itu, Fimela.com kali ini akan mengulas 5 jenis mainan yang bermanfaat bagi tumbuh kembang anak. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini. 

Mainan Bertekstur Lembut

Anak-anak memiliki kecenderungan untuk menghidupkan benda mati. Mainan lunak menjadi teman mereka dan mereka segera mulai berbicara dengan mainan tersebut. Ini merupakan cara terbaik dalam mempersiapkan mereka dalam berinteraksi dengan manusia kelak.

Saat ini, mainan lunak selain boneka banyak tersedia. Banyak boneka binatang seperti panda, monyet, harimau, penguin dan anjing datang sebagai mainan lunak.

Balok Penyusun

Bahan penyusun mainan balok bermanfaat dalam meningkatkan keterampilan motorik halus pada anak. Pertama-tama mulailah dengan balok-balok besar dan seiring pertumbuhan anak, belilah balok-balok yang lebih kecil yang akan membantu meningkatkan kemampuan motorik halus.

Merakit balok-balok dan menciptakan benda-benda dengan maknanya sendiri juga membantu dalam meningkatkan keterampilan kognitif.

Bermain Bola

Hindari bola plastik dan pilih bola lunak karena anak-anak cenderung memasukkan semuanya ke dalam mulut. Bola plastik dapat melukai gusi lunaknya. Gunakan bola besar berdiameter 3 kaki dengan dapat diisi ulang dengan udara dan kemudian kurangi ukuran bola saat mereka tumbuh dewasa.

Ini akan membantu anak mengembangkan keterampilan motorik kasarnya. Setelah mereka bisa menangkap bola yang dilempar ke arah mereka dengan benar, gunakan bola yang goyang untuk membawa tingkat kesulitan baru dalam permainan.

Membaca Buku

Seharusnya buku juga bisa menjadi mainan. Bacakan cerita-cerita untuk mereka bahkan ketika mereka baru lahir. Mereka akan memiliki daya ingat yang tajam dan dapat memuat secara maksimal saat muda.

Bacakan cerita sebanyak yang orangtua bisa ceritakan dan ketika sudah dewasa, tanyakan cerita itu kepada mereka. Ini adalah cara yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu bersama.

Para orangtua bahkan dapat berdandan sebagai karakter dalam cerita dan memainkan karakter tersebut untuk pemahaman yang lebih baik.

Mainan Bergetar

Beberapa mainan yang berisik selalu bagus. Meskipun itu berarti gemerincing terus menerus karena anak-anak suka membuat kebisingan sepanjang waktu unuk membantu mereka mengembangkan keterampilan sensoriknya.

Kemampuan pendengaran berkembang paling pesat selama enam tahun pertama kehidupan, para orangtua harus memiliki mainan yang berisik. Buat mereka berbicara pada boneka saat mereka dewasa untuk mendapatkan lebih banyak efek animasi.

Hospital Playlist 2 Raih Rating Tinggi di Episode Perdana
Loading
Artikel Selanjutnya
Menilik Karakter Perempuan dengan Zodiak Gemini
Artikel Selanjutnya
Kumpulan Kata-kata Sabar dan Ikhlas agar Hati Tenang dan Damai