Sukses

Parenting

4 Tips Mengatur Tabungan Pendidikan Anak ala Financial Planner

Fimela.com, Jakarta Di tengah polemik biaya sekolah yang semakin mahal, kita sebagai orang tua tentu tetap ingin memberikan kualitas pendidikan formal terbaik untuk anak. Namun, ada tantangan finansial yang harus dilewati.

Dalam mempersiapkan finansial untuk masa depan anak-anak, khususnya pendidikan mereka, penting untuk memiliki rencana tabungan pendidikan yang terstruktur dan efektif. Akan tetapi, 'rencana efektif' seperti apa yang dimaksud?

Untuk menjawab pertanyaanmu sekaligus membantu perencanaan tabungan pendidikan anak, berikut Dave Ramsey— seorang financial planner kondang asal Amerika Serikat– bersedia membagikan tips mengatur tabungan pendidikan anak secara cuma-cuma!

Tetapkan Tujuan dengan Jelas

Salah satu langkah pertama dalam merencanakan tabungan pendidikan anak adalah menetapkan tujuan yang jelas. Dave Ramsey menekankan pentingnya memiliki gambaran yang jelas tentang biaya pendidikan yang diinginkan untuk anak-anakmu. Ini termasuk memperhitungkan biaya kuliah, uang sekolah, biaya buku, dan biaya hidup lainnya. Dengan menetapkan tujuan yang spesifik, kamu dapat menentukan jumlah tabungan yang perlu Anda kumpulkan untuk mencapai tujuan tersebut.

Buat Rencana Tabungan yang Konsisten

Dave Ramsey menekankan pentingnya konsistensi dalam menabung untuk pendidikan anak. Ramsey merekomendasikan untuk membuat rencana tabungan yang konsisten, baik itu dengan menabung secara rutin setiap bulan atau dengan menetapkan jumlah tetap yang akan disisihkan dari pendapatan setiap kali kamu menerima gaji. Dengan konsistensi ini, kamu pun bisa membangun tabungan pendidikan anak secara bertahap dan teratur.

Manfaatkan Program Tabungan Pendidikan yang Bagus

Sebagai perencana keuangan yang berpengalaman, Dave Ramsey juga menyarankan untuk memanfaatkan program tabungan pendidikan yang tersedia. Di A,erika Serikat, ada program tabungan pendidikan yang bagus seperti rencana tabungan pendidikan 529 atau rencana tabungan pendidikan Coverdell.

Program-program ini menawarkan berbagai manfaat, termasuk pengurangan pajak dan pertumbuhan investasi yang tidak kena pajak jika digunakan untuk biaya pendidikan kualifikasi. Dengan memanfaatkan program-program ini, kamu dapat memaksimalkan potensi tabungan pendidikan anak.

Simpan Tabungan ke Instrumen yang Tepat

Salah satu prinsip utama dari Dave Ramsey adalah pentingnya menginvestasikan uang dengan bijak. Ini juga berlaku dalam konteks tabungan pendidikan anak. Dave menyarankan untuk memilih investasi yang konservatif dan stabil untuk tabungan pendidikan anak, terutama jika jangka waktu investasi relatif pendek.

Meskipun imbal hasil yang lebih tinggi mungkin menarik, mengambil risiko yang terlalu besar dalam investasi dapat berisiko dan mengancam tujuan tabungan pendidikan anakmu. Dengan mengikuti tips-tips ini, kamu dapat mengatur tabungan pendidikan anak kamu dengan lebih efektif dan efisien.

Sahabat Fimela, dengan memiliki tujuan yang jelas, rencana tabungan yang konsisten, memanfaatkan program-program tabungan pendidikan yang tersedia, dan menginvestasikan tabungan dengan bijak, kamu pun dapat membantu memastikan bahwa anak-anak bisa memiliki akses ke pendidikan yang mereka butuhkan tanpa harus khawatir tentang beban keuangan yang berat di masa depan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading