4 Hal yang Perlu Dilakukan Supaya Jerawat Nggak Menimbulkan Bekas di Wajah

Wuri Anggarini diperbarui 06 Okt 2022, 16:48 WIB

Fimela.com, Jakarta Saat melihat ada jerawat yang muncul di wajah, hal ini bisa jadi salah satu alasan yang bikin bad mood sebagian perempuan. Bukan tanpa alasan, soalnya benjolan kemerahan ini memang bisa mengganggu penampilan. Nggak hanya itu saja, jerawat yang mereda malah meninggalkan bekas noda hitam di wajah yang malah semakin bikin minder.

Biar nggak mengulangi dilema yang sama, ada beberapa hal nih yang perlu diperhatikan agar jerawat nggak menimbulkan bekas di wajah. Gali informasi selengkapnya yuk, Sahabat Fimela!

What's On Fimela
2 dari 5 halaman

Jaga Kebersihan Wajah Jadi Hal yang Penting

(c) Shutterstock

Hal pertama yang perlu dipahami agar jerawat tidak meninggalkan bekas adalah dengan selalu menjaga kebersihan wajah. Hal ini penting karena kulit yang kotor bisa menjadi tempat bersarangnya bakteri yang membuat jerawat semakin meradang.

Jangan lupa untuk menggunakan sabun khusus yang sesuai dengan tipe kulit berjerawat. Pastikan lakukan dengan lembut dan hindari menggosok wajah terlalu keras untuk mencegah kondisinya makin parah dan membekas.

3 dari 5 halaman

Selalu Gunakan Sunscreen

(c) Shuttestock

Bagi kamu yang sehari-hari beraktivitas di luar rumah, sunscreen jadi hal yang nggak boleh diskip. Hal ini penting banget terutama untuk pemilik kulit berjerawat. Paparan sinar matahari memang baik untuk kulit, tapi radiasi sinar UVA dan UVB yang terlalu banyak bisa membuat bekas luka jerawat dari semakin gelap sekaligus membuat proses penyembuhannya semakin lama.

Jadi, penting untuk selalu menggunakan sunscreen jika banyak melakukan aktivitas di luar rumah. Jangan lupa perhatikan aturan penggunaannya, yaitu takaran sunscreen sebanyak 2 ruas jari dan aplikasikan ulang setiap 3-4 jam sekali.

4 dari 5 halaman

Kompres dengan Es Batu

(c) Shutterstock

Kondisi peradangan pada jerawat menjadi salah satu hal yang memicu noda hitam bekas jerawat di wajah. Nah, untuk mencegahnya kamu bisa melakukan ritual sederhana yaitu kompres wajah dengan es batu.

Caranya mudah, ambil beberapa bongkah es batu dan bungkus dalam kain atau handuk bersih. Setelah itu, gunakan untuk mengompres area wajah yang berjerawat. Treatment sederhana ini bisa membantu menenangkan kulit dan mencegah jerawat semakin parah.

5 dari 5 halaman

Hindari Memegang dan Memencet Jerawat

(c) Shutterstock

Saking gemasnya dengan jerawat yang muncul di wajah, kadang tanpa sadar kamu terus memegang atau malah memencetnya supaya segera lenyap. Eits, kebiasaan yang satu ini ternyata bukan hal yang baik karena memicu kondisi peradangan jerawat makin parah.

Tangan adalah salah satu media yang bisa menyebabkan transfer bakteri dan kuman. Saat menyentuh kulit, bakteri akan berkembang biak dan menyebabkan peradangan. Jika kondisinya parah, maka bisa menimbulkan bekas berupa noda hitam yang mengganggu penampilan. Jadi, penting untuk menghindari kebiasaan memegang apalagi memencet jerawat karena bisa menyebabkan kondisinya semakin parah.

Itu tadi beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghindari jerawat yang membekas. Supaya kondisinya nggak semakin parah, jangan lupa obati jerawat dengan salep atau gel khusus yang berperan untuk meredakan gejala peradangan yang dialami. Yuk, saatnya mulai terapkan kebiasaan di atas, Sahabat Fimela!