Sukses

Beauty

5 Alasan Kenapa Kulit Telapak Kaki Kerap Mengelupas

Fimela.com, Jakarta Bukan hanya kulit pada telapak tangan, kulit di area telapak kaki pun harus Sahabat Fimela perhatikan. Pasalnya, kulit telapak kaki justru lebih rentan lembap karena kerap tertutup sepatu dan kaus kaki. 

Masalah yang kerap terjadi pada area telapak kaki ada bau tidak sedap yang timbul karena menumpuknya bakteri dan udara yang lembap. Namun, selain itu juga ada masalah lain yang perlu Sahabat Fimela atasi. Seperti kulit telapak kaki yang kerap terkelupas. 

Menurut Rebecca Pruthi, DPM, ahli penyakit kaki dan pemilik Foot Care of Manhattan, kulit kaki yang terkelupas merupakan hal yang wajar. Meskipun begitu, kulit kaki yang terkelupas akan cenderung terasa kasar. Terlebih lagi, katanya kepada Women's Health Magazine, kondisi yang parah akan menimbulkan rasa sakit dan perih setiap kali kamu berjalan. Namun, untuk mengatasinya, kamu harus mengetahui apa saja penyebab kulit kaki terkelupas. 

1. Infeksi Jamur

 

Menurut Pruthi, salah satu penyebab yang paling umum adalah infeksi jamur. Menurutnya, jika kulit telapak kakimu terkelupas tanpa ada rasa gatal, biasanya kamu tidak akan mengira penyebabnya adalah infeksi jamur. Namun, tetap saja ada jamur yang menyebabkan kulit telapak kakimu akan terkelupas dan akhirnya bisa membuat jari-jari kakimu juga terinfeksi jamur. 

2. Sepatu Olahraga

Sepatu olahraga juga ternyata dapat menyebabkan kulit telapak kaki terkelupas. Biasanya, hal ini disebabkan sepatu yang lembap karena kerap kali tertutup. Selain itu, keringat pada area telapak kaki juga menambah tingkat kelembapan pada telapak kaki. Hal inilah yang menyebabkan kulit telapak kaki mengelupas. 

3. Eczema

Menurut Pruthi, penyebab lainnya adalah eczema, sebuah kondisi kulit yang menyebabkan kulitmu terkelupas, terasa gatal, dan kering. Eczema ini bisa terjadi pada seluruh kulit di bagian tubuh. Termasuk telapak kaki. Biasanya, kamu membutuhkan salep atau krim khusus dari dokter kulit untuk meredakan rasa gatal dan memperbaiki kulit yang mengelupas. 

4. Dehidrasi 

 

Ternyata, bukan hanya kulit di area lengan dan bibir yang akan mengering ketika tubuhmu mengalami dehidrasi. Tetapi juga kulit telapak kaki yang akan menjadi kering, pecah-pecah, dan akhirnya mengelupas. 

5. Ganti Kulit

Selain masalah-masalah di atas, kulit kaki biasanya memang akan mengelupas dengan sendirinya untuk beberapa saat. Hal ini biasanya disebut dengan proses pergantian kulit. Pastikan Sahabat Fimela mengolesi minyak zaitun atau kelapa, atau juga krim yang melembapkan kulit telapak kaki, untuk mempercepat proses pergantian kulit. 

#Growfearless with FIMELA

Fimela ingin mengajak kamu untuk lebih inspiratif dan positif dengan lewat berbagai kelas menarik di Fimela Fest 2019. Yuk, daftarkan dirimu di sini!

Loading
Artikel Selanjutnya
Penyebab dan Solusi Kulit Kering yang Wajib Diketahui
Artikel Selanjutnya
Mengenal Colloidal Oatmeal, Bahan Alami untuk Perawatan Kulit Kering