Sukses

Health

5 Cara Mendapatkan Tidur yang Berkualitas

Fimela.com, Jakarta Seiring bertambahnya usia, kualitas tidur seseorang semakin menurun dari waktu ke waktu. Namun, berapa pun usia seseorang, tidur adalah kebutuhan pokok yang dibutuhkan bagi semua orang setidaknya 7-8 jam per hari. Kurang tidur atau kelebihan juga tidak baik karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan, seperti anemia, kelelahan, pusing, dan sebagainya. Dilansir dari laman Mayo Clinic, berikut beberapa untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

1. Jadwal tidur yang teratur

Sisihkan waktu tidak lebih dari delapan jam untuk tidur. Jumlah tidur yang disarankan untuk orang dewasa yang sehat setidaknya tujuh jam. Kebanyakan orang tidak membutuhkan lebih dari 8 jam di tempat tidur untuk mencapai tujuan ini. Cobalah untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, dengan konsisten akan memperkuat siklus tidur-bangun tubuh.

2. Pethatikan makanan yang dikonsumsi

Jangan tidur dalam keadaan lapar atau kekenyangan. Secara khusus, hindari makanan berat atau besar dalam beberapa jam sebelum tidur. Ketidaknyamanan mungkin membuat tubuh tetap terjaga. Nikotin, kafein, dan alkohol juga patut diwaspadai. Efek stimulasi nikotin dan kafein membutuhkan waktu berjam-jam untuk hilang dan dapat merusak kualitas tidur.

3. Ciptakan lingkungan yang tenang

Ciptakan ruangan yang ideal untuk tidur. Seringkali, ini berarti sejuk, gelap dan tenang. Paparan cahaya mungkin membuatnya lebih sulit untuk tertidur. Hindari penggunaan layar yang memancarkan cahaya dalam waktu lama sebelum tidur. Pertimbangkan untuk menggunakan tirai penggelap ruangan, penyumbat telinga, kipas angin, atau perangkat lain untuk menciptakan lingkungan yang sesuai dengan kebutuhan.

4. Batasi tidur siang

Tidur siang yang lama dapat mengganggu tidur malam. Jika memilih untuk tidur siang, batasi hingga 30 menit dan hindari melakukannya di sore hari. Namun, jika bekerja malam hari, dirimu mungkin perlu tidur siang sebelum bekerja untuk membantu melunasi hutang tidur.

5. Sertakan aktivitas fisik

Aktivitas fisik yang teratur dapat meningkatkan kualitas tidur. Namun, hindari menjadi aktif terlalu dekat dengan waktu tidur itu bisa membuat tubuh tetap terjada. Setidaknya, untuk tidur pada malam hari, lakukan olahraga maksimal pada sore hari selama 30 menit.

Itulah beberapa cara untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, jika masih mengalami masalah gangguan tidur, karena stres atau kecemasan secara berturut ada baiknya untuk mengunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading