Sukses

Health

5 Jenis Makanan yang Wajib Dihindari Penderita Maag

Fimela.com, Jakarta Sakit maag merupakan atau dispepsia merupakan rasa tidak nyaman di perut. Kondisi ini membuat perut seperti terasa penuh, panas dan kembung. Umumnya, kondisi ini paling sering terjadi selama atau beberapa saat setelah makan. Mengutip dari laman healthline.com, sakit maag bisa terjadi karena kebiasaan makan yang tidak teratur. 

Kebiasaan makan terlalu banyak, tergesa-gesa dan makanan tertentu juga bisa memicu risiko sakit maag. Para ahli bahkan mengungkapkan jika beberapa makanan bisa memicu risiko maag yang lebih parah. Untuk itu, penting bagi kita semua untuk lebih hati-hati dalam mengonsumsi makanan setiap hari. Terkhusus untuk penderita maag, ada beberapa makanan yang wajib untuk dihindari. 

Asam

Makanan dan minuman dengan cita rasa asam adalah yang pertama wajib dihindari. Makanan dan minuman asam memicu maag yang lebih parah. Ini bahkan bisa memicu masalah pencernaan lain seperti diare, kembung dan naiknya asam lambung.

Pedas

Aneka makanan pedas juga penting dihindari oleh penderita maag. Makanan pedas bisa mengiritasi lambung. Ini bisa memperburuk kesehatan sistem pencernaan.

Makanan Berlemak

Makanan yang wajib dihindari selanjutnya adalah makanan berlemak. Aneka makanan berlemak sangat tidak baik untuk kesehatan sistem pencernaan. Jika kamu menderita maag, penyakit yang kamu alami bisa semakin parah jika kamu terus menerus mengonsumsi makanan berlemak. 

Makanan dan Minuman Berkafein

Bagi penderita maag dan masalah sistem pencernaan lain, sebaiknya juga menghindari segala makanan serta minuman mengandung kafein di dalamnya. Kafein bisa membuat lambung mengalami iritasi. Ini juga bisa meningkatkan risiko diare dan gejala lain yang lebih buruk.

Susu dan Olahannya

Susu dan olahannya sebaiknya juga dihindari oleh penderita maag. Memang, makanan ini cukup menyehatkan. Tapi, makanan ini bisa memberi efek buruk bagi penderita maag dan masalah sistem pencernaan lainnya jika dikonsumsi saat penyakit tersebut kambuh. 

Itulah sekian makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari penderita maag. Selain di atas, penderita maag juga wajib menghindari segala makanan serta minuman bersoda, manis dan sulit dicerna (ketan). Semoga informasi ini bermanfaat dan semoga kita semakin bijak dalam memilih makanan untuk sehari-hari.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading