Sukses

Health

5 Alasan Kenapa Harus Minum Air Putih

Fimela.com, Jakarta Air merupakan hal yang sangat penting untuk tubuh, sebanyak 60% struktur tubuh kita adalah air. Fungsi air dalam tubuh adalah sebagai pembentukan sel. Selain itu air membantu menjaga suhu Internal tubuh agar tetap seimbang, dapat melembapkan kulit serta memperkuat otot. 

Sebanyak 70% planet bumi ditutupi oleh permukaan air sehingga air dapat ditemukan dimana saja. Namun, karena hal ini banyak orang yang menyepelekan minum air putih padahal banyak sekali manfaat yang didapat oleh tubuh dari air putih. Dilansir dari medicalnews (28/6) berikut adalah beberapa alasan jika tubuh mendapat pasokan air yang cukup. 

Melindungi jaringan tubuh yang sensitif

Bagian tubuh seperti sumsum tulang belakang dan otak merupakan jaringan tubuh yang paling sensitif. Oleh karena itu pastikan untuk selalu minum air putih yang cukup, jika tidak tubuh akan mengalami dehidrasi karena kekurangan cairan. Tentu hal ini menggangu fungsi kerja otak sebagai produksi hormon dan neurotransmitter. Minum air putih akan membantu otak dalam bernalar dan berpikir.

Membantu menurunkan berat badan

Manfaat air putih lainnya adalah dapat membantu menurunkan berat badan. Konsumsi air putih sebagai pengganti soda atau jus manis. Tidak perlu melakukan cara diet yang ekstrem karena akan memperburuk kondisi tubuh. Cukup mengisi perut dengan air putih sebelum makan maka dapat membantu mencegah nafsu makan yang berlebih karena air putih dapat menciptakan rasa kenyang.

Menjaga kulit tetap lembab

Kulit yang lembap tentu merupakan kulit yang sehat karena cairan tubuh terpenuhi. Apabila tubuh kekurangan pasokan cairan maka dapat menyebabkan dehidrasi dan hal ini akan berpengaruh pada kulit. Munculnya kerutan dini, kulit kering serta rentan terhadap gangguan kulit.

Pembentukan lendir dan air liur

Mulut perlu air liur untuk dapat memproses makanan dengan baik. Air liur juga dapat menjaga mata, mulut serta hidung agar tetap lembap. Air putih dapat menjaga mulut agar tetap bersih. Jika digunakan sebagai pengganti minuman manis maka air putih dapat mengurangi kerusakan gigi.

Mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh

Darah yang mengalir didalam tubuh terdiri dari 90% air. Fungsi darah adalah membawa oksigen ke seluruh tubuh. Bayangkan jika tubuh tidak mendapatkan pasokan air yang cukup, tentu darah akan mengalami kesulitan dalam mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh karena kurangnya kadar air.

Itulah 5 alasan kenapa air putih sangat penting untuk tubuh. Sebaiknya kurangi minuman yang memiliki perasa kuat dan ganti dengan air putih. Tubuh sehat maka hati dan pikiran pun akan sehat. 

 

Penulis : Nadia Maharani Ardiansih

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading