Sukses

Health

5 Cara Mengatasi Insomnia yang Perlu Diketahui

Fimela.com, Jakarta Susah tidur atau insomnia dapat membuat kamu lelah sepanjang hari. Pastinya hal in akan mempengaruhi kesehatan emosional dan fisik. Jika tubuh tidak mendapatkan waktu istirahat yang cukup maka akan menurunkan kemampuan konsentrasi dan suasana hati. Risiko untuk terkena penyakit seperti jantung, diabetes, depresi dan obesitas meningkat. 

Terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membantu mengatasi insomnia yang menyerang ketika malam hari. Dilansir dari healthline dan webmd (26/7) ini cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi insomnia.

Minum teh herbal sebelum tidur

Minum teh herbal seperti lavender atau chamomile dapat meningkatkan kualitas tidur kamu. Hindari minuman yang mengandung kafein tinggi karena itu akan membuat kamu tetap terjaga. Hindari juga meminum alkohol karena sangat menggangu pola tidur. Jika kamu mencari minuman sebelum tertidur maka teh herbal adalah minuman yang sangat cocok. 

Baca buku atau majalah

Orang yang membaca buku sebelum tidur memiliki kualitas tidur yang baik daripada mereka yang tidak. Pastikan agar lampu tetap redup namun cukup terang untuk membaca sehingga kamu tidak perlu menyipitkan mata. Jika kamu menggunakan e-reader maka jaga lampu agar tetap pada pengaturan rendah. Membaca sebelum tidur dapat mendorong kamu untuk lebih cepat mengantuk dan mengalihkan kekhawatiran. 

Cari tempat yang tenang dan damai

Jangan tertidur dengan TV yang menyala karena suaranya akan membuat kamu tetap terjaga. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi relaksasi untuk meredam kebisingan di luar, jika tidak ada kamu dapat mempertimbangkan menggunakan penyumbat telinga atau headphone lembut yang dirancang untuk tidur. Menciptakan lingkungan tidur yang damai akan membantu otak dan tubuh untuk melakukan dekompresi sebelum tidur. 

Melakukan olahraga

Olahraga adalah salah satu solusi terbaik untuk mengatasi insomnia. Olahraga baik untuk kesehatan secara keseluruhan dan meningkatkan kualitas tidur kamu. Hindari olahraga dalam waktu dua jam sebelum tidur karena olahraga melepaskan endorfin yang membuat kamu merasa terjaga dan berenergi, sebaiknya lakukan olahraga di pagi hari. 

Latihan pernapasan

Latihan pernapasan membantu kamu dalam menenangkan pikiran yang sibuk. Pikiran cemas mengenai aktivitas esok hari adalah penyebab umum insomnia. Oleh karena itu pernapasan meditasi akan sangat membantu. Kamu dapat memulai dengan berfokus pada pernapasan, tarik napas dalam-dalam sambil hitung sampai lima lalu hembuskan sambil menghitung lagi sampai lima. Ada banyak teknik latihan pernapasan yang dapat kamu coba. 

Sahabat Fimela, demikian 5 cara untuk mengatasi insomnia yang bisa kamu lakukan sebelum tidur di malam hari. Semoga informasi ini bermanfaat. 

 

Penulis : Nadia Maharani Ardiansih 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading