Sukses

Health

5 Cara Merebus Daun Salam yang Aman untuk Menurunkan Kolesterol dan Asam Urat

Fimela.com, Jakarta Daun salam, yang juga dikenal sebagai bay leaf dalam bahasa Inggris, telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama berabad-abad. Daun salam mengandung berbagai senyawa yang memiliki efek positif pada kesehatan. Sehingga dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol dan asam urat.

Daun salam mengandung antioksidan seperti vitamin C dan vitamin A. Kandungan ini yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif. Antioksidan ini juga berperan dalam mengurangi risiko penyakit jantung.

Selain itu, kandungan vitamin dan mineral dalam daun salam, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu melawan infeksi, menurunkan asam urat dan kolesterol. Pastikan mengonsumsi daun salam ini dengan teratur dan sesuai dengan anjuran. Berikut cara merebus daun salam untuk menurunkan kolesterol:

Cara Merebus Daun Salam

1. Pilih Daun Salam yang Berkualitas

Pastikan Sahabat Fimela memilih daun salam yang segar dan berkualitas baik. Gunakan daun salam kering atau segar. Pastikan untuk mencucinya dengan air bersih terlebih dahulu.

2. Gunakan Air Bersih

Untuk merebus daun salam, gunakan air bersih yang sudah disaring. Ini akan membantu mencegah kontaminasi dan mendapatkan manfaat penuh dari daun salam.

3. Potong atau Hancurkan Daun Salam

Sebelum merebus, potong atau hancurkan daun salam agar senyawa-senyawa yang terkandung dalam daun dapat lebih mudah dilepaskan ke dalam air.

Cara Merebus Daun Salam

4. Rendam Daun Salam

Sebelum merebus, rendam daun salam dalam air panas selama beberapa menit. Ini akan membantu daun salam melepaskan lebih banyak senyawa yang bermanfaat.

5. Rebus dengan Api Kecil

Sesudah merendam daun salam, rebus dengan api kecil selama sekitar 10-15 menit. Hindari merebus terlalu lama, karena bisa menghilangkan beberapa nutrisi yang penting. Setelah merebus, saring cairan daun salam untuk memisahkan daun dari air. Sajikan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading