Sukses

Health

5 Tips Menurunkan Kolesterol Setelah Liburan Natal dan Tahun Baru

Fimela.com, Jakarta Momen natal dan akhir tahun sering kali dihubungkan dengan perayaan dan kegembiraan. Tak sedikit orang yang merayakannya dengan berpesta, makan malam bersama teman atau pun keluarga. Sayangnya, perayaan ini kerap diiringi dengan kebiasaan makan yang tidak sehat.

Banyak orang yang merayakan natal dan tahun baru dengan hidangan lezat, tetapi tanpa memperhatikan dampaknya terhadap kesehatan. Kebiasaan makan ini sering kali melibatkan konsumsi makanan tinggi lemak, gula, dan garam, yang meningkatkan risiko kesehatan tertentu, termasuk peningkatan kadar kolesterol.

Makanan tinggi lemak jenuh seperti daging berlemak, makanan cepat saji, dan hidangan kaya krim dapat meningkatkan risiko penyakit kolesterol. Jika tidak segera disadari, kebiasaan makan tidak sehat ini berkontribusi pada perkembangan penyakit yang lebih serius. Oleh karena itu, mempertimbangkan pilihan makanan yang lebih sehat saat merayakan libur natal dan tahun baru dapat menjadi langkah penting untuk menjaga kesehatan.

Berikut beberapa tips menjaga dan menurunkan kolesterol setelah libur natal dan tahun baru:

1. Konsumsi makanan sehat

Setelah libur natal dan tahun baru yang mungkin diisi dengan hidangan lezat namun tinggi lemak dan kolesterol, fokuslah pada pemilihan makanan sehat dan banya mengandung serat. Sertakan lebih banyak buah, sayur, dan biji-bijian dalam pola makan harian. Hal ini membantu mengurasi asupan lemak jenuh dan meningkatkan serat yang membantu menurunkan kolesterol.

2. Olahraga teratur

Aktivitas fisik yang teratur menjadi salah satu kunci untuk menurunkan kolesterol. Setelah liburan, jadwalkan waktu untuk lebih rajin berolahraga seperti jalan cepat, lari, atau bersepeda. Kegiatan fisik membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) sambil menurunkan kadar kolesterol buruk (LDL).

3. Minum air yang cukup

Air dapat membantu melancarkan proses pencernaan dan membantu tubuh menghilangkan kolesterol berlebih. Pastikan untuk minum air yang cukup setiap hari, karena hidrasi yang cukup akan membantu mengoptimalkan kinerja fungsi tubuh secara keseluruhan, termasuk mengelola kadar kolesterol.

4. Pantau asupan lemak trans dan lemak jenuh

Hindari makanan yang mengandung lemak trans dan lemak jenuh, seperti dalam makanan cepat saji dan makanan yang diproses. Pilihan makanan rendah lemak dan mengganti asupan lemak jenuh dengan lemak tak jenuh dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

5. Kurangi konsumsi gula tambahan

Gula tambahan berkontribusi pada peningkatkan kadar trigliserida, yang dapat mempengaruhi tinkat kolesterol. Batasi konsumsi makanan dan minuman yang tinggi gula serta pertimbangkan untuk menggantinya dengan pilihan yang lebih sehat, seperti buah segar.

Penulis: Maritza Samira

#BreakingBoundariesJanuari

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading