Sukses

Health

5 Tips Mudah Mencegah Rambut Beruban di Usia Muda

Fimela.com, Jakarta Rambut beruban biasanya dianggap sebagai tanda penuaan, tetapi banyak orang muda juga mengalami masalah ini. Beberapa faktor, termasuk ketidakseimbangan nutrisi, pola hidup tak sehat dan perawatan rambut yang salah, bipercaya bisa mempercepat pertumnuhan uban.

Lantas, bagaimana untuk mencegah tumbuhnya uban di usia yang masih muda? Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa cara untuk mencegah rambut beruban di usia muda. Ada beberapa cara atau tips mudah untuk mencegah dan meminimalisir pertumbuhan uban. Adapun tips tersebut antaranya sebagai berikut.

Cukupi Kebutuhan Vitamin D

Vitamin D memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan rambut. Paparan sinar matahari adalah sumber alami vitamin D, tetapi suplemen dan makanan kaya vitamin D seperti ikan berlemak, kuning telur, dan susu juga bisa membantu memastikan tubuh mendapatkan cukup vitamin D. Tubuh yang mendapat asupan vitamin D akan sehat secara keseluruhan termasuk rambut yang sehat. 

Cukupi Kebutuhan Vitamin B

Vitamin B, terutama Biotin (Vitamin B7), B5, dan B12, memiliki dampak positif pada kesehatan rambut. Biotin, misalnya, membantu memelihara kekuatan rambut dan mencegah kerontokan. Ini juga bisa mencegah tumbuhnya rambut beruban. Sumber vitamin B meliputi kacang-kacangan, telur, daging, sayuran hijau, dan produk susu.

Konsumsi Makanan Kaya Mineral

Mineral seperti zat besi, seng, dan tembaga penting untuk kesehatan rambut. Kekurangan zat besi bisa menyebabkan rambut rontok, sementara seng membantu produksi melanin, pigmen yang memberikan warna pada rambut. Makanan kaya zat besi termasuk daging, sayuran hijau, dan kacang-kacangan. Sementara makanan kaya seng bisa ditemukan dalam daging, seafood, dan biji-bijian.

Konsumsi Asupan Protein Cukup

Rambut terdiri dari protein keratin, sehingga asupan protein yang cukup sangat penting. Sumber protein termasuk daging tanpa lemak, ikan, telur, kacang-kacangan, dan produk susu rendah lemak. Protein akan membantumu memiliki rambut sehat, kuat, terawat dan rendah risiko beruban di usia muda.

Hindari Stres yang Berlebihan

Stres bisa mempercepat proses penuaan, termasuk munculnya uban. Latihan fisik, meditasi, dan aktivitas lain yang bisa meredakan stres akan cukup membantu menjaga kesehatan rambut. 

Mencegah rambut beruban di usia muda melibatkan kombinasi dari faktor internal dan eksternal, termasuk nutrisi yang tepat, gaya hidup sehat, dan perawatan rambut yang baik. Dengan memperhatikan asupan nutrisi yang sesuai, tentunya kita bisa membantu melindungi kesehatan rambut dan memperlambat proses penuaan pada setiap helai rambut kita. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading