Sukses

Health

Lakukan 5 Cara Mudah Ini untuk Meredakan Nyeri Haid

Fimela.com, Jakarta Nyeri saat haid bukan hal yang sepele. Rasa sakit yang dibuat terkadang membuat tubuh seharian merasa lemas dan tidak sanggup beraktivitas seperti biasa. Nyeri saat haid terjadi karena oksigen tidak mampu mencapai jaringan rahim akibat kontraksi otot dinding rahim.

Perlu diketahui beberapa cara untuk mengatasi rasa nyeri saat haid ini. Tujuan utamanya adalah untuk mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan. Berikut adalah 5 rekomendasi cara mudah meredakan nyeri haid untuk Sahabat Fimela:

1. Kompres atau Mandi Air Hangat

Kompres bagian yang nyeri dengan air hangat atau panas. Rasa panas dapat membantu mengurangi nyeri haid. Atau mungkin jika merasa sanggup, bisa mandi air panas atau hangat untuk meredakan nyeri haid. Ini juga bisa membuat tubuh segar kembali.

2. Pijat Ringan

Pijat bagian yang terasa nyeri untuk mengendurkan otot yang sedang tegang. Saat haid, otot akan seringkali kejang, terutama otot rahim. Pijatan ringan bisa membantu merelaksasi otot. Atau mungkin bisa lakukan yoga ringan untuk membuat otot dan pikiran lebih rileks.

3. Olahraga Ringan

Saat berolahraga tubuh melepaskan endorfin, yaitu hormon yang berperan dalam mengontrol nyeri. Berolahraga dapat membantu meredakan rasa sakit haid. Olahraga juga membuat tubuh tetap aktif, sehingga aliran darah yang baik dalam tubuh. Saat haid, mungkin bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, berenang, lari, atau bersepeda.

4. Minum Air

Minum air yang cukup untuk mencegah dehidrasi saat hair. Asupan air akan membantu mengatur fungsi sel-sel dalam tubuh. Saat sedang haid, tubuh akan membutuhkan cairan lebih banyak.  Jaga sel-sel dalam tubuh untuk tetap bekerja maksimal dengan konsumsi air putih yang cukup. Minimal 2 liter per harinya.

5. Minum Teh Jahe Hangat

Teh jahe memiliki zat anti inflamasi yang mampu mengurangi rasa sakit. Selain itu, teh jahe bersifat antispasmodik. Atau dapat berperan sebagai pencegah, pereda, dan mampu menurunkan risiko kejang otot yang membuat nyeri saat haid. Nikmati secangkir teh jahe hangat akan sangat membuat perut lebih hangat dan membantu meredakan nyeri saat haid.

Lakukan 5 cara mudah di atas untuk membantu meredakan nyeri haid. Tapi, apabila merasakan nyeri haid yang sudah tidak wajar. Segeralah konsultasi pada ahlinya agar segera mendapatkan penanganan yang tepat sebelum terlambat. Semoga infomasi ini bermanfaat untuk Sahabat Fimela ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading