Sukses

Info

Bikin Kelimpungan, Begini Cara Mudah Usir Cicak Pakai 2 Bahan Dapur

Fimela.com, Jakarta Di rumah-rumah, seringkali mudah dijumpai cicak di berbagai sudut ruangan. Selain suaranya yang kadang mengganggu, cicak juga sering meninggalkan kotoran berbau di dinding dan sudut-sudut rumah.

Mengatasi masalah ini dengan menangkap cicak satu per satu tidaklah efektif. Begitu pula dengan penggunaan perangkap. Ini karena bangkai cicak yang mati akan menghasilkan bau yang sangat tidak sedap.

Untuk mengatasi masalah ini, seorang pengguna Instagram dengan akun @rumah_qinaz, berbagi tips membuat cairan pengusir cicak yang sederhana namun terbukti efektif dalam mencegah cicak datang kembali. Berikut adalah penjelasannya, disarikan pada hari Senin (6/5/2024).

1. Siapkan Bahan-bahan

Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat cairan pembasmi cicak:

  • 3 sdm sabun cuci piring
  • 3 sdm cuka
  • 250 ml air.

2. Buat Cairan Pengusir Cicak

Berikutnya, tahap membuat larutan pembersih cicak. Gabungkan semua komponen, kemudian aduk hingga merata. Selanjutnya, tuangkan larutan ke dalam botol semprot agar lebih praktis saat digunakan.

3. Cairan Pembasmi Cicak Siap Digunakan

Semprotlah zat pembasmi cicak ke tempat-tempat yang sering dikunjungi oleh cicak, atau bisa juga semprotkan secara langsung ke cicak yang ditemui.

4. Gunakan Cairan Secara Teratur

Menurut saran yang diposting di akun Instagram @rumah_qinaz, sebaiknya gunakan larutan ini secara rutin, sekitar 2-3 kali dalam seminggu. Karena bau cuka dan sabun pencuci piring tak disenangi oleh cicak, penggunaan teratur mampu mencegah kedatangan kembali cicak.

Cara Mencegah Cicak Datang Kembali

  • Tutup semua celah di rumah

Cicak kerap bersembunyi di celah-celah di dalam rumah, seperti celah dinding yang retak atau celah antara lemari dan dinding. Pastikan untuk menutup semua celah tersebut agar cicak tidak dapat masuk.

  • Kurangi penggunaan lampu yang menarik serangga

Pilihlah lampu yang tidak terlalu terang dan berwarna putih agar serangga tidak tertarik untuk mendekat.

  • Manfaatkan pengharum ruangan

Cicak tidak menyukai aroma harum, maka gunakan pengharum ruangan sebagai cara untuk menghalangi cicak masuk ke rumah.

  • Tanam tanaman pengusir serangga

Beberapa jenis tanaman seperti lavender, mint, dan daun basil dapat membantu mengusir serangga dari rumah.

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Cara Mengusir Cicak

Cicak Takut dengan Suara Apa?

Menurut sumber di Britannica, sensitivitas indra pendengaran cicak dan tokek sangatlah tinggi. Kedua hewan tersebut akan bereaksi terhadap beragam frekuensi suara, mulai dari 69 hingga 8.200 hertz. Oleh karena itu, beberapa jenis suara dapat mengganggu dan menimbulkan rasa takut pada cicak sehingga mereka memiliki kecenderungan untuk mengusirnya dari lingkungan tempat tinggalnya.

Kenapa di dalam Rumah Banyak Cicak?

Cicak merasa tertarik pada wilayah yang menyediakan makanan bagi mereka, seperti serangga, laba-laba, atau invertebrata kecil lainnya. Apabila rumah dipenuhi dengan serangga atau laba-laba, kemungkinan besar cicak akan tertarik untuk mengunjungi wilayah tersebut.

Apa Cicak Takut Garam?

Cara yang cukup berhasil adalah memanfaatkan larutan garam air untuk menjauhkan cicak. Efeknya adalah menyebabkan rasa sakit dan kekurangan cairan pada cicak terutama apabila tersebar di sekitar tubuhnya. Dehidrasi yang diakibatkan oleh larutan garam dapat mengeringkan kulit cicak dan pada akhirnya berujung pada kematian.

Apa Gunanya Cicak di Rumah?

Binatang cicak memberikan manfaat positif bagi rumah dengan cara memangsa nyamuk, lalat buah, dan laba-laba, sehingga membantu mengurangi jumlah nyamuk di dalam rumah.

Apa yang Membuat Cicak Jatuh?

Cicak tidak mau melewati dinding yang teksturnya terlalu kasar atau terlalu halus. Ketika melintasi permukaan yang sangat bergerigi, cicak akan mengangkat tubuhnya. Hal ini membuat kaki cicak tidak dapat mendukung berat tubuhnya dengan baik, yang mengakibatkan kesulitan dalam menempel dan meningkatkan risiko jatuh.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading