Sukses

Lifestyle

Yoga: Turunkan Berat Badan dan Atasi Depresi

yoga

Yoga mulai dikenal oleh masyarakat moderen di pertengahan abad 19. Yoga merupakan salah satu dari enam ajaran dalam filsafat Hindu, yang menitikberatkan pada aktivitas meditasi atau tapa di mana seseorang memusatkan seluruh pikiran untuk mengontrol panca inderanya dan tubuhnya secara keseluruhan. Masyarakat global umumnya mengenal Yoga sebagai aktivitas latihan utamanya asana (postur) bagian dari Hatta Yoga. Yoga juga digunakan sebagai salah satu pengobatan alternatif, biasanya hal ini dilakukan dengan latihan pernapasan, oleh tubuh dan meditasi, yang telah dikenal dan dipraktekkan selama lebih dari 5000 tahun.

Ada beberapa riset yang meneliti yoga sebagai pengobatan complementary untuk pasien kanker. Yoga digunakan untuk mengurangi depresi, insomnia, rasa sakit, dan kelelahan. Sebuah program yang disebut Mindfulness Based Stress Reduction (MBSR) memasukkan yoga sebagai teknik olah tubuh dan pikiran untuk mengurangi stress. Satu riset juga menemukan bahwa setelah tujuh minggu mengikuti yoga, para peserta tingkat stress-nya menurun, dan beberapa efek positif pada gejala sulit tidur, kualitas hidup, dan perkembangan spiritual.

Tiga fokus utama dari Hatha yoga; Asana: gerakan, Pranayama: pernapasan, dan meditasi, juga berguna bagi para penderita penyakit jantung. Sebuah penelitian tentang efek yoga pada penyakit jantung menunjukkan kalau yoga bisa mengurangi tekanan darah tinggi, mengurangi gejala gagal jantung, dan menurunkan resiko lainnya.

Manfaat Yoga

Yang paling penting adalah terapi secara fisik dan mental. Proses penuaan, bisa diperlambat dengan latihan yoga. Latihan Hatha yoga secara teratur bisa membantu penyembuhan berbagai penyakit seperti diabetes, tekanan darah tinggi, masalah pencernaan, arthritis, kelelahan, dan asma. Penelitian juga membuktikan bahwa orang-orang yang berlatih yoga secara teratur bisa meningkatkan kemampuan untuk mengontrol fungsi tubuh seperti temperatur, detak jantung dan tekanan darah.

Terapi yoga bisa dikatakan sukses karena menciptakan keseimbangan pada sistem saraf dan endokrin yang secara langsung mempengaruhi sistem dan organ tubuh lainnya. Esensi yoga terletak pada rasa damai, memperbaiki kekuatan konsentrasi, serta lebih rileks.

Melalui latihan yoga, kita bisa lebih sadar dengan hubungan antara emosi, mental dan fisik. Secara bertahan kesadaran ini bisa mengarah pada pengertian yang lebih dalam lagi tentang yoga. Tujuan utama yoga adalah membuat kita bisa menggabungkan material (annamaya), fisik (pranamaya), mental (manomaya), intelektual (vijnanamaya) dan spiritual (anandamaya).

Manfaat untuk tubuh

Penelitian menunjukkan kalau banyak sekali manfaat yoga untuk kesehatan tubuh. Antara lain untuk asma, masalah pernapasan, tekanan darah tinggi. Yoga juga dipercaya bisa mengurangi rasa sakit dengan membantu otak mengarahkan mekanisme pertahanan terhadap rasa sakit dan mengeluarkan painkiller natural dalam tubuh. Latihan pernapasan yang digunakan di yoga juga bisa mengurangi rasa sakit, karena otot biasanya dalam keadaan rileks saat kita menghembuskan napas, memperpanjang tenggang waktu saat membuat napas bisa membantu menghasilkan rasa rileks dan mengurangi tekanan.

Yoga juga digunakan untuk menyembuhkan dan mengatasi sakit punggung dengan menambah kekuatan punggung dan fleksibilitasnya.
Melakukan latihan yoga secara reguler juga bisa membantu menjaga berat badan. Beberapa asana, seperti shoulder stand dan fish posture, bisa memancing beberapa kelenjar untuk menambah produksi hormon, misalnya kelenjar tiroid, yang punya efek besar pada berat badan kita karena mempengaruhi metabolisme tubuh. Metabolisme lemak juga bertambah, dimana lemak diubah menjadi otot dan energi. Artinya, selain menghilangkan lemak, otot kita juga lebih toned dan tubuh lebih fit. Tambahan lagi, pernapasan dalam pada latihan yoga menambah asupan oksigen untuk sel tubuh, termasuk lemak, sehingga menambah oksidasi atau pembakaran lemak.

Manfaat untuk jiwa

Latihan yoga secara teratur menciptakan ketenangan, meningkatkan body awareness, mengurangi stress, relaksasi pikiran, lebih fokus dan konsentrasi, serta mengatasi depresi.


Berminat untuk mulai ikutan latihan yoga? Berikut beberapa lokasi tempat latihan yoga:

Ananda Marga Indonesia, Jl. Tanjung Duren Utara IX No. 17, Jakarta Barat - 11470, Telp: 021-565 7187

Yoga @42 degrees, Jl. Kemang Selatan Raya No. 2, Jakarta Selatan – 12730, Telp: 021-719 7379, Mobile: 0812 1020389

Rumah Yoga, Jl.Lamandau No.19, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Telp: 021 739 3267; Jl .Situbondo No 10, Telp: 021-319 22347, 319-05781

Iyengar Yoga Centre Indonesia, Jl. Kemang Raya 18D, Jakarta Selatan 12730, Telp: 021-719 3101, 021-3582 1000; Jl. Raya Villa Melati Mas Blok L V No. 8, Villa Melati Mas Residence, Serpong-Tangerang, Telp: 021-537 3323, 998 59860, Mobile: 0813 80387373; Kelapa Gading Square (MOI), Ruko MOI Unit L No. 08, Jakarta, Telp: 021-458 69193, 996 55553

 

Let's do yoga!

 

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading