Sukses

Health

5 Rekomendasi Olahraga yang Cocok untuk Turunkan Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Kadar kolesterol yang tinggi dapat menimbulkan berbagai penyakit untuk tubuh. Kolesterol akan menempel dan mempersempit dalam dinding arteri sehingga meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular (gangguan pada jantung dan pembuluh darah). Serangan jantung dan stroke adalah contoh penyakitnya.

Terdapat 2 jenis kolesterol, yaitu kolesterol baik (High Density Lipoprotein) dan kolesterol jahat (Low Density Lipoprotein). Apabila kadar kolesterol jahat tinggi, maka akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Sebaliknya, kolesterol baik akan berperan untuk mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah dan membentuk vitamin dalam tubuh.

Penelitian dari Duke University Medical Center pernah menemukan bahwa olahraga dapat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh. Olahraga akan meningkatkan jumlah dan ukuran partikel (fluffier) yang membawa kolesterol ke seluruh tubuh. Sehingga akan memperkecil kemungkinan penyumbatan arteri. Dilansir dari Healthline.com, ada beberapa olahraga yang dapat Sahabat Fimela lakukan untuk menurunkan kolesterol:

1. Jogging

Selain efektif untuk menjaga berat badan, jogging juga efektif untuk menurunkan kada kolesterol dalam tubuh. Penelitian yang diterbitkan dalam Archives of Internal melaporkan bahwa tingkat kolesterol baik (HDL) orang yang lari dengan jarak lebih jauh lebih tinggi dari orang yang lari dengan jarak lebih pendek dalam seminggu (10 mil dalam seminggu). Jogging juga dapat menurunkan tekanan darah dan membuat jantung lebih kuat.

2. Bersepeda

Bersepeda ringan menjadi olahraga selanjutnya yang efektif untuk menurunkan kolesterol. Selain sehat, olahraga ini juga cukup menyenangkan untuk dilakukan. Penelitian yang dipublikasikan dalam Circulation juga pernah menemukan bahwa orang yang rutin bersepeda mengalami risiko terkena serangan jantung lebih kecil dibandingkan yang tidak rutin bersepeda.

3. Berenang

Berenang dapat menjadi pilihan olahraga untuk menurunkan kolesterol. Berenang akan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Penelitian di International Journal of Aquatic Research and Education menunjukkan bahwa perenang memiliki risiko kematian lebih rendah daripada orang yang tidak banyak bergerak atau olahraga.

4. Angkat Beban

Angkat beban menjadi olahraga yang direkomendasikan selanjutnya. Penelitian dalam Jurnal Atherosclerosis menunjukkan bahwa angkat beban mampu mengurangi kolesterol jahat (LDL) dari arteri lebih cepat daripada yang tidak. BMC Public Health juga melaporkan bahwa kombinasi angkat beban dan latihan aerobik lebih efektif untuk meningkatkan kebugaran jantung.

5. Yoga

Yoga secara rutin dapat menurunkan kadar kolesterol total dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Penelitian dalam European Journal of Preventive Cardiology melaporkan bahwa yoga secara rutin baik untuk menurunkan kolesterol. Selain itu, yoga dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Nah, itu tadi adalah 5 rekomendasi olahraga untuk menurunkan kolesterol. Sahabat Fimela dapat melakukan olahraga-olahraga tersebut secara rutin untuk hasil yang maksimal. Tapi jangan lupa untuk selalu diimbangi dengan pola hidup yang sehat ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading