Sukses

Lifestyle

Penyesalan Terbesar yang Dirasakan Seorang Anak Ketika Orang Tuanya Meninggal Dunia

Bintang.com, Jakarta Perpisahan yang paling pahit adalah perpisahan di ambang kematian, perpisahan yang seperti tak memiliki pilihan lain kecuali menerima. Hal tersebut akan semakin sulit sekali diterima ketika terjadi pada yang tercinta, seperti orang tua.

Tak peduli seberapa baik kita saat menjalani hidup bersamanya, ketika mereka tiada berbagai penyesalan akan tetap menghinggapi dada. Belum lagi, kalau berpikir kita tak cukup melakukan yang terbaik untuk mereka.

Sedih, marah, kecewa, dan menyesal berkumpul jadi satu. Menyumbat aliran napas, memberatkan langkah. Tapi, air mata sudah tak ada gunanya lagi ketika tubuh mereka kembali menyatu dengan bumi.

Kalau bisa memutar waktu, pasti langsung dilakukan tanpa ragu. Sayang itu semua cuma bisa dilakukan dalam angan-angan; kenyataan tetap tak bisa berubah. Rasa kehilangan akan tetap terasa pedihnya saat kita ditinggal orang tua.

Sekalipun tak ada kenangan pahit bersama mereka, setidaknya hal-hal ini saja sudah pasti disesali setiap anak ketika orang tuanya meninggal dunia.

Hal yang Disesali Anak Ketika Orang Tua Meninggal Dunia

Kehabisan kesempatan untuk membahagiakannya. Semakin diratapi, semakin kurang dirasa waktu kebersamaan kita dan mereka. Ketika orang tua meninggal dunia praktis kesempatan untuk membahagiakannya pun turut habis.

Pernah membantah kata-katanya dengan cara yang menyakiti. Sengaja atau tidak hal ini pasti terjadi pada hubungan anak dan orang tua dan menjadi penyesalan dalam ketika kita sampai pada penghujung usia mereka.

Malu-malu menyatakan cinta selagi ia ada. Tak semua orang terbiasa mengucapkan cinta pada orang tuanya tanpa rasa canggung. Meski dalam hati dan perbuatan sudah berusaha sebaik-baiknya menunjukkan cinta, namun yang tak pernah terucap lewat mulut itu akan turut jadi penyesalan.

Sikap-sikap yang Dulu Menurut Kita Wajar pun Tiba-tiba Jadi Penyesalan

Sering membandingkan dengan orang tua teman. Orang tua kita telah berusaha melakukan yang terbaik yang mereka bisa untuk memberikan kita yang terbaik pula, dan yang kita lakukan hanya membandingkan mereka dengan orang tua lainnya? Meski tak setiap hari, tapi tetap saja itu akan membuat kita merasa jadi orang paling berkhianat di muka bumi.

Menuntut sesuatu yang membuat mereka bekerja lebih keras untuk memenuhinya. Tanpa kita tuntut pun pada dasarnya orang tua pasti rela melakukan itu semua demi kehidupan anak-anak mereka yang sejahtera. Tapi anak-anaknya tetap punya keinginan, dan terkadang keinginan itu membuat mereka mengupayakan segala cara, bahkan di luar batas kemampuan mereka.

Loading
Artikel Selanjutnya
Bukan Chemistry, Ini yang Dibutuhkan Untuk Membangun Cinta Sejati
Artikel Selanjutnya
Tanda Pasanganmu Adalah Orang yang Insecure