Sukses

Lifestyle

Setiap Perempuan adalah Insan Istimewa yang Punya Kesempatan Setara dengan Pria

Fimela.com, Jakarta Setiap perempuan punya kekuatan untuk mengatasi setiap hambatan dan tantangan yang ada. Bahkan dalam setiap pilihan yang dibuat, perempuan bisa menjadi sosok yang istimewa. Perempuan memiliki hak menyuarakan keberaniannya memperjuangkan sesuatu yang lebih baik untuk dirinya dan juga bermanfaat bagi orang lain. Seperti tulisan dari Sahabat Fimela yang disertakan dalam Lomba My Voice Matters: Setiap Perempuan adalah Agen Perubahan ini.

***

Oleh: Jesika - Bogor

Menjadi perempuan masa kini bukanlah perkara mudah. Sebagian masyarakat kita menganggap perempuan adalah sosok yang kurang penting padahal setiap perempuan adalah insan istimewa yang mempunyai kesempatan setara dengan laki-laki yang juga bisa bersinar dalam keluarga maupun masyarakatnya.

Saya sangat kecewa dengan banyak stigma masyarakat patriarki yang berpikir bahwa perempuan hanya sebagai pelengkap laki-laki dan terkadang tidak mendapat hak perlakuan yang sama dengan laki-laki. Sungguh mengecewakan di masa sekarang yang mengagungkan kesetaraan gender di mana sebagian perempuan hebat sudah bisa berdiri di posisi setara menteri atau bahkan presiden namun sebagian lagi hanya sebagai sosok lemah dan tidak berdaya dalam masyarakat kita.

Mungkin banyak dari kita sering mendengar atau mengalami sendiri ucapan-ucapan yang bernada negatif seperti, “Ah, cewek sekolah nggak usah tinggi-tinggi, nanti juga urus anak sama dapur,” atau, “Ambisius banget sih, sok punya usaha, kayak bisa ngurusnya aja,“ atau mungkin ini, “Duh ngapain sih umur segini masih kerja, buruan kawin terus beranak deh.”

Familier? Sangat familier?

Paling tidak, saya pernah mendengar satu diantara ucapan-ucapan tersebut terlontar dari orang sekeliling saya . Bagaimana sih perasaan kalian saat mendengar perkataan seperti itu? Kalau saya sih tersinggung karena seolah-olah kita sebagai perempuan hanya dianggap sebagai pelengkap, bukan sebagai tokoh utama dalam perjalanan hidup kita sendiri. Ungkapan seperti itu kadang membuat mental kita jatuh dan berpikir ulang apakah takdir seorang perempuan seperti itu? Apakah menjadi perempuan zaman now sedemikian mengenaskannya?

 

Teringat dalam suatu seminar dikatakan oleh salah satu narasumber bahwa banyaknya perempuan di negara kita ini merupakan suatu potensi penting di mana pada masa depan ada kemungkinan perempuan akan menjadi agen ekonomi dan agen perubahan dalam masyarakat. Memang terbukti pada saat ini sudah banyak perempuan menjadi bos dari UMKM dan online shop yang ditekuninya secara telaten dan secara tidak langsung sudah memajukan ekonomi keluarga maupun lingkungannya dengan membuka banyak kesempatan kerja dan kesejahteraan untuk masyarakat sekitar. Banyak juga pesohor perempuan yang sukses dan pejabat pemerintahan perempuan yang berhasil berdiri di posisi penting serta disegani masyarakat luas. Namun, apakah pencapaian yang mereka dapatkan bisa semudah itu? Banyak yang mudah tapi tidak sedikit pula yang melalui berbagai peristiwa tidak menyenangkan dulu.

Cemoohan dan perkataan menjatuhkan tanpa disadari menggerogoti pikiran pasti membuat perempuan lama-kelamaan ingin merasa menyerah dan berpikir untuk mengakhiri mimpi dan usahanya, tetapi kerja keras, niat dari diri sendiri, dukungan dari orang terdekat dan self motivation adalah obat utama untuk para perempuan hebat ini karena masih banyak masyarakat patriarki yang menganggap perempuan tidak punya power dan miskin kapasitas.

Menurut saya sebagai perempuan, mimpi dan keinginan yang positif wajib diperjuangkan. Jangan hanya karena mengikuti keinginan dan tuntutan masyarakat lalu kemudian mengorbankan mimpi sendiri. Ingat kembali bahwa kita diciptakan untuk hidup hanya satu kali di dunia ini bukan sebagai orang yang sia-sia dan hanya sebagai pelengkap yang punya status di bawah laki-laki, karena pada hakikatnya perempuan dan laki-laki adalah juga manusia yang sederajat.

Perempuan juga boleh punya mimpi dan harapan yang setinggi-tingginya dalam hidup dan juga pantas mendapatkannya. Seperti kata pesohor terkenal, "Dream. Believe. Make It Happen."

Jangan pernah takut gagal, karena kalau kamu gagal, kamu bisa coba lagi. Tapi kalau kamu nggak pernah coba maka kamu nggak tahu kamu akan gagal atau berhasil. Salam semangat untuk para perempuan di luar sana yang berusaha menyetarakan posisi dan berusaha mengejar apa yang dicita-citakannya.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading