Sukses

Lifestyle

4 Kuliner Khas Jawa Timur Bertabur Serundeng yang Menggugah Selera

Fimela.com, Jakarta Buatmu pencinta kuliner, tentunya sudah tidak asing dengan berbagai kuliner di tanah air. Setiap daerah di tanah air memiliki kuliner khas yang tak hanya enak tetapi juga melekat di hati setiap penggemarnya. Bicara mengenai kuliner, di Jawa Timur ada beberapa kuliner khas yang bertabur serundeng dan memiliki rasa lezat menggugah selera.

Apa Itu Serundeng? Mungkin sebagian dari kita akan bertanya-tanya tentang makanan yang satu ini. Serundeng merupakan hidangan pelengkap yang terbuat dari kelapa muda yang diparut dan kemudian disangrai bersama bumbu-bumbu rempah seperti gula merah, garam, daun salam, ketumbar, lengkuas dan daun jeruk. Serundeng memiliki rasa yang gurih sekaligu manis. Inilah beberapa makanan khas Jawa Timur yang disajikan bersama taburan serundeng Sahabat Fimela.

Nasi Krawu

Nasi Krawu

Nasi krawu merupakan makanan yang sangat populer di kota Gresik, Jawa Timur. Di setiap sajian nais krawu selalu ada taburan serundeng yang gurih nan legit. Nasi krawu sendiri berasal dari Madura. Satu piring nasi krawu berisi nasi putih hangat, suwiran daging sapi atau ayam, sambal, jeroan tumis kecap dan taburan serundeng yang sudah disangrai bersama kluwek.

Dendeng Ragi Sapi

Dendeng ragi sapi merupakan makanan yang bisa dengan mudah ditemukan di Jawa Timur. Dendeng ragi sapi adalah daging sapi yang dimasak bumbu rempah dan gula merah kemudian dicampur dengan serundeng kelapa. Rasa dendeng ragi sapi yakni gurih manis menggugah selera.

Sate Klopo

Nasi Bug

Nasi buh merupakan makanan khas Jawa Timur yang menggugah selera selanjutnya. Nasi bug adalah makanan yang berasal dari Madura. Makanan satu ini kini cukup jarang ditemukan di Madura. Namun di kota Malang, ada beberapa penjual nasi bug yang terkenal. Nasi bug adalah sajian nasi putih dengan lauk perkedel tempe, sate klomoh, paru goreng, mie goreng, serundeng, dendeng kelapa dan tidak lupa sambal.

Sate Klopo

Makanan khas Jawa Timur yang juga disajikan dengan taburan serundeng adalah sate klopo. Sate klopo merupakan yang berasal dari Surabaya. Rasa sate klopo begitu gurih menggugah selera.

Itulah sedikitnya 4 makanan khas Jawa Timur yang disajikan dengan taburan serundeng di atasanya. Gimana nih Sahabat Fimela, apakah dirimu salah satu penggemar serundeng juga?

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Alasan yang Bikin Naik Pesawat Kini Terasa Bahagianya
Artikel Selanjutnya
Alasan Suami Penting Membersihkan Mr P Setelah Berhubungan Intim