Sukses

Lifestyle

Ini yang Sebenarnya Kamu Butuhkan untuk Mengatur Uang dengan Tepat

Fimela.com, Jakarta Sering merasa kewalahan mengatur uang? Mengatur uang sebenarnya tidak hanya tentang berapa banyak yang kamu hasilkan, berapa banyak yang seharusnya dikeluarkan, dan ditabung.

Mengatur uang adalah mengubah kebiasaanmu. Dilansir dari huffpost.com, Rabu (15/5/2019), berikut ini adalah beberapa hal yang harus diubah untuk memperbaiki kebiasaanmu mengatur uang, penasaran?

1. Pahami mengapa kamu memiliki kebiasaan yang buruk

Otak manusia adalah sistem yang kompleks. Sistem pertama sering disebut berpikir cepat, dikaitkan dengan keputusan cepat dan pikiran bawah sadar, sedangkan sistem kedua disebut berpikir lambat, menangani analisis sadar yang lebih dalam terkait dengan pilihan dan konsentrasi.

2. Meningkatkan pengetahuan tentang uang sendirian tidak akan berfungsi

Menjejalkan lebih banyak informasi ke dalam kepalamu tidak akan mengubah apapun. Namun, bukan berarti literasi keuangan tidak penting sama sekali, hanya tidak benar-benar mengubah kebiasaan seseorang dalam mengatur uang.

 

2 dari 3 halaman

Menyadari apa yang sebenarnya dibutuhkan untuk mengubah kebiasaan

3. Menyadari apa yang sebenarnya dibutuhkan

Contohnya adalah mempekerjakan perencana keuangan untuk membantumu menabung. Selain itu, kenali juga pemicu mengapa kamu sulit sekali menabung.

Kesulitan menabung bisa datang dari stres. Ketika stres, kamu merasa bisa dan dapat membeli apapun, tanpa berhitung, benar?

Stres seringkali membuat seseorang membuat keputusan bawah sadar atau keinginan untuk mencari kesenangan guna menghindari rasa sakit. Jika kamu jarang bisa menghindari keinginan impulsif, lakukan pengaturan keuanganmu secara otomatis, seperti debit otomatis setiap bulan yang masuk ke dalam rekening tabungan.

3 dari 3 halaman

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with Fimela

Loading
Artikel Selanjutnya
Jadi Mompreneur Cerdas dengan Memahami Pengelolaan Uang yang Tepat
Artikel Selanjutnya
Perspektif Tentang Uang Inilah yang Membuatmu Tak Pernah Kaya!