Sukses

Lifestyle

3 Tips agar Mie Tidak Lengket dan Menggumpal Setelah Direbus

Fimela.com, Jakarta Seringkali ketika memasak mie yang direbus dan akan diolah lagi, mie akan lengket satu sama lain dan menggumpal jadi satu sehingga membuatnya sulit diuraikan dan jika ingin diolah lagi akan menghancurkan mie, membuatnya putus-putus dan tampilannya tidak cantik.

Oleh karena itu, untuk mencegah hal ini terjadi, ada beberapa trik yang bisa dicoba.

1. Menambahkan minyak

Setelah direbus, campurkan mie dengan 1-2 sdm minyak, terserah minyak apa saja yang disuka. Bisa menggunakan minyak goreng, minyak wijen, atau minyak zaitun. Mie akan terlepas per helai karena minyak yang membuatnya licin sehingga tak membuatnya terkumpul jadi satu dan menggumpal.

 

Tips Mie Tidak Lengket

2. Beri minyak pada air rebusan

Mencegah mie menggumpal juga bisa dilakukan saat proses perebusan. Tambahkan air rebus dengan minyak, kemudian masukkan mie yang direbus. Secara alami, air yang mendidih akan melapisi permukaan mie yang direbus dengan minyak. Setelah ditiriskan, mie tidak akan mudah menggumpal dan lengket.

3. Merendam dalam air es

Jika tak ingin menambahkan minyak, mie yang direbus juga bisa langsung dimasukkan ke dalam air dingin atau air es. Hilangkan suhu panaskan sambil disisir dengan jari. Cara ini bisa menjaga permukaan mie tidak lengket satu sama lain. Rendam dalam air es dan bisa diolah lebih lanjut.

Itu dia tiga tips menjaga agar mie rebus tidak lengket dan menggumpal setelah direbus. Semoga bermanfaat ya Sahabat Fimela.

Simak juga video ini

#GrowFearless with FIMELA

;
Loading