Sukses

Lifestyle

3 Alasan Perlunya Mengambil Risiko dalam Berkarier

ringkasan

  • Meningkatkan Kepercayaan Diri
  • Meningkatkan Jiwa Kompetitif
  • Menemukan Peluang-Peluang Baru

Fimela.com, Jakarta Jujur saja, mengambil risiko itu memang menakutkan. Seorang pengusaha bisa mendapat kerugian besar bila dalam mengambil risiko tak bisa menanggung konsekuensinya. Seorang karyawan bisa saja kehilangan pekerjaannya bila membuat kesalahan fatal dalam pekerjaannya karena nekat mengambil risiko. Seorang bos pun bisa merugikan bawahannya bila risiko yang diambil tak diperhitungkan dengan baik.

Mengambil risiko sebenarnya tak selalu berkonotasi negatif. Bahkan bisa jadi hal yang positif bila risiko diambil dengan perhitungan yang matang dan perencanaan yang rinci untuk meningkatkan peluang keberhasilannya. Sesekali kita juga perlu mengambil risiko yang dibarengi dengan pertimbangan yang matang. Bidang pekerjaan atau karier apapun yang sedang kita tekuni saat ini, cobalah sesekali mengambil risiko.

1. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Misalnya, selama ini kita merasa punya kemampuan berbisnis tapi masih belum percaya diri untuk fokus berbinis karena sibuk dengan pekerjaan kantor. Di tengah kesibukan pekerjaan kantor, kita bisa mengambil risiko membuat bisnis sampingan. Waktu istirahat kita akan berkurang. Bahkan mungkin daya konsentrasi dan produktivitas kerja kita di kantor ikut berkurang. Tapi ketka usaha yang kita bangun mulai menunjukkan hasil, kita akan merasa lebih percaya diri. Ke depannya bisa jadi kita akan makin mantap membuka usaha sendiri dan fokus 100% menekuni usaha tersebut.

 

2. Meningkatkan Jiwa Kompetitif

Agar makin semangat kerja dan berkarier, penting untuk memiliki jiwa kompetitif. Terlebih bila akhir-akhir ini sering dilanda rasa bosan, maka perlu untuk coba mengambil risiko. Belajar hal baru dari risiko yang diambil akan memberi pengalaman yang berharga. Jiwa kompetitif meningkat dan makin semangat dalam bekerja. Saat nanti dihadapkan pada kondisi yang sulit, kita pun jadi tidak gampang stres.

3. Menemukan Peluang-Peluang Baru

Kita tak pernah tahu apa yang ada di depan kita bila kita tak mencoba membuka pintu yang ada. Memang ada kemungkinan sesuatu yang buruk bersembunyi di balik pintu itu. Tapi siapa tahu justru ada hal-hal baik dan kesempatan baru yang bisa diperoleh dari membuka pintu tersebut. Mengambil risiko bisa jadi langkah awal untuk menemukan peluang baru untuk dicoba.

Keberanian untuk mencoba mengambil risiko memang tak selalu mudah. Namun, dari setiap pengalaman yang ada kita pasti bisa mendapatkan hikmah dan pelajaran terbaik.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
4 Tips Menjaga Kestabilan Mood Kerja saat Atasan Uring-uringan
Artikel Selanjutnya
4 Tips Menjaga Kewarasan saat Dilanda Rasa Bosan di Tempat Kerja